Inovatif! 3 Metode Inovatif PJJ. Guru Wajib Tahu!

Pembelajaran Jarak Jauh adalah proses mengajar belajar yang dilakukan dengan jarak jauh dengan menggunakan media komunikasi.

Inovatif! 3 Metode Inovatif PJJ. Guru Wajib Tahu!
Pembelajaran daring. Sumber: Kompas.com

Di dalam belajar mengajar kerap kali sebagai seorang guru, kita harus memikirkan bagaimana mengajar dengan cara yang berbeda dan menyenangkan setiap harinya. Hal ini dilakukan agar siswa tidak mudah bosan dalam belajar dan terdapat variasi dalam proses belajar mengajar. Ditambah lagi, semenjak adanya pandemi Covid-19, setiap sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ), proses baru dalam belajar mengajar. Guru dan siswa harus mengajar dan belajar melalui Video Conference seperti Zoom, Google Meet.

Tentunya suasananya sangat berbeda saat mengajar dan belajar saat bertatap muka. Dengan adanya PJJ, sebagai seorang guru, kita harus lebih terampil dalam menggunakan teknologi sehingga kita pun bisa membantu siswa jika merasa kesulitan.

Menemukan metode yang inovatif dalam pembelajaran jarak jauh bukanlah hal yang mudah. Sebagai seorang guru, kita harus menemukan metode pembelajaran yang menyenangkan tetapi tetap bisa mengasah keterampilan setiap siswa. Berikut adalah 3 metode inovatif dalam pembelajaran jarak jauh yang wajib guru terapkan!

1. STEAM

Apa itu STEAM? STEAM menurut Kemdikbud adalah Sebuah pendekatan pembelajaran interdisipliner inovatif yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan alam (science), teknologi (technology), teknik (engineer) dan matematika (mathematic) dan berfokus pada proses pembelajaran yang sebenarnya untuk pemecahan masalah.

1. Science (Ilmu Pengetahuan Alam) dalam STEAM adalah bagaimana cara siswa berpikir dalam mengamati suatu bentuk pertanyaan, membuat prediksi, merancang, melakukan eksperimen, serta melakukan diskusi.
2. Technology (Teknologi) dalam STEAM adalah bagaimana siswa dalam menggunakan alat teknologi dan dibiasakan dalam menggunakan teknologi. 
3. Engineering (Teknik) dalam STEAM adalah bagaimana siswa dalam memecahkan suatu masalah dengan menggunakan rangkaian desain yang menciptakan sehingga dapat membangun siswa yang dapat bekerja lebih baik. Diharapkan siswa dapat mengeksplor guna memaksimalkan hasil pembelajaran.
4. Mathematic (Matematika) dalam STEAM adalah membantu mengembangkan pola pikir siswa tentang kuantitas, ukuran bentuk dan sebab akibat dari suatu permasalahan. 
Perlu diketahui bahwa kita bisa mengintegrasikannya, namun tidak harus  semuanya diterapkan sekaligus. Kita bisa menerapkan dalam sehari menggunakan Teknologi dan Teknik, dan pada hari selanjutnya kita menggunakan Matematika dan IPA. Ada kalanya jika kita hanya satu yang kita integrasikan, hal tersebut bukanlah suatu masalah. Prinsipnya, sebagai seorang guru kita harus bisa memberikan porsi yang akan kita integrasikan.

2. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MIPA - PDF Download  Gratis
Penguatan Pendidikan Karakter terdiri dari religious, nasionalisme, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. Selain menguatkan pengetahuan, dan cara berpikir siswa dalam menghadapi suatu masalah, penguatan karakter bagi setiap siswa sangatlah penting. Diharapkan dalam penguatan pendidikan karakter tersebut siswa dapat menerapkan di dalam lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, sehingga apa yang diharapkan dalam pengembangan PPK dapat benar-benar tercapai sehingga akan melahirkan generasi yang memiliki jiwa patriotisme.

3. Kolaborasi Guru dengan Siswa

SISWA-SISWI SMP 4 PAKEM ENJOY BELAJAR MATEMATIKA DALAM BAHASA INGGRIS  BERSAMA GURU-GURU ASIA TENGGARA
Dalam mengajar, seorang guru baiknya saat pembelajaran berlangsung tidak hanya berpusat kepada guru. Guru harus menjadi seorang fasilitator di dalam suatu pembelajaran. Dengan adanya kolaborasi, seorang guru dapat membuat kelas menjadi interaktif, seperti menyampaikan pertanyaan umpan balik. Ada kalanya siswa takut menjawab pertanyaan atau takut bertanya. Sebagai seorang guru, kita perlu membantu dan memberikan dorongan secara emosional kepada siswa, agar di dalam belajar pun siswa tidak takut menjawab pertanyaan atau bertanya.

Itulah 3 metode yang inovatif yang guru-guru dapat terapkan di dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Dengan adanya perkembangan zaman ini, menjadi guru yang memiliki inovasi yang tinggi sangat dibutuhkan baik dalam pembelajaran offline maupun online. Untuk itu peran guru sangatlah penting dalam pembelajaran jarak jauh. Jangan lupa untuk selalu semangat ya sahabat guru!

NADIA SAFIRA

sumber: Kemdikbud.go.id