Inilah 5 Tanda Menjadi Pribadi Lebih Baik Dari Yang Kamu Pikirkan!

“Education is not the learning of facts, but the training of the mind to think.” – Albert Einstein

Inilah 5 Tanda Menjadi Pribadi Lebih Baik Dari Yang Kamu Pikirkan!
sumber: Education Week

Terkadang kita sebagai seorang guru, hanya berfokus kepada apa yang belum kita capai dibandingkan dengan apa yang sudah kita capai. Hal tersebut sering kali dilupakan, progress yang sudah kita capai saat ini, dan berkecil hati dengan semua hal di hidup kita yang salah atau “missing”. 

Ada kala di suatu momen, kita menjadi terlalu semangat untuk melompat ke langkah selanjutnya dalam hidup kita dan kita dapat dengan mudah kehilangan jejak yang ada di depan kita. Dan terkadang, penting untuk beristirahat sejenak dan memikirkan semua yang telah kita capai.
Hal ini dilakukan dapat mencegah perasaan stres dan kecemasan dalam mengambil langkah. Kita sebagai seorang guru, harus mengambil waktu istirahat sesekali dan mengevaluasi hidup kita apa adanya saat ini.

Inilah 5 tanda bahwa kamu telah menjadi lebih baik dari yang kamu pikirkan!


1. Adanya Perubahan yang Baik Secara Signifikan di Dalam Dirimu
Perubahan bukanlah hal yang buruk. Terkadang perubahan di dalam diri adalah hal yang perlu dilakukan dan diterapkan. Perubahan merupakan tanda bahwa kamu sudah berkembang. Contohnya, dulu kita sering kali mudah menyerah saat menghadapi suatu masalah, tetapi dengan adanya perubahan kita dalam cara berpikir, Ketika kita dihadapi suatu masalah, menyerah bukanlah solusinya, dan kita mencari solusi dari masalah tersebut.

2. Kamu Telah Melewati Masa-Masa yang Sulit
Melalui masa-masa yang sulit bukanlah hal yang menyenangkan. Tetapi, melalui masa-masa yang sulit merupakan hal yang bagus. Hal itu berarti  kamu bertambah menjadi pribadi yang lebih kuat dan optimis.

3. Bertanggung Jawab dalam Hidupmu
Kita semua pernah mengalami beberapa bentuk rasa sakit dalam hidup kita. Mungkin kita pernah mengalami patah hati, kematian orang yang kita cintai, kesulitan keuangan, atau masalah dengan keluarga dan teman kita, bahkan dengan siswa kita. Kita tidak bisa menghapus pengalaman mengerikan itu, tapi kita bisa memilih untuk bergerak maju darinya. Jika kita menyadari bahwa masa depan kita ada di tangan kita, maka kita bertanggung jawab atas hidup kita dan apa yang terjadi pada kita. Kita mengerti bahwa kita tidak dapat mengubah masa lalu tetapi, kita dapat mengubah apa yang terjadi mulai sekarang.

4. Tahu Nilai Hubungan yang Tulus
Pada satu titik, mungkin kita dikelilingi dengan orang-orang yang negatif atau toxic. Orang-orang yang mengeluarkan yang terburuk di dalam diri kita. Tetapi sekarang, kita telah membiarkan orang-orang itu pergi. Dengan memahami ini bukanlah tentang jumlah orang yang kita kenal tetapi kualitas hubungan tersebut. Kita tahu bahwa kita layak menghabiskan waktu dengan orang-orang yang pantas mendapatkan waktu kita.

5. Belajar dari kesalahan
Seorang guru yang baik pun kerap kali tidak luput dari melakukan kesalahan. Kebanyakan orang, ketika dihadapi dengan suatu permasalahan, cenderung banyak yang menghindari masalah tersebut atau menyalahkanorang lain. Tetapi dengan kita mengetahui dengan kesalahan tersebut, kita bisa belajar dari kesalahan tersebut.

 
Itulah 5 tanda yang ternyata merupakan dari tanda bahwa kita sudah menjadi lebih baik lebih dari apa yang kita pikirkan. Jangan lupa untuk beristirahat sejenak dari semua apa yang telah kita lewati dan jangan terlalu keras kepada diri sendiri ya!

Nadia Shafira