Intip Rahasia Menjadi Guru Idaman di Sekolah

Menjadi seorang guru idaman sebenarnya tidak terlalu sulit. Dekatkan hubungan emosional dan intelektual dengan anak didik. Jangan lupa: tampilkan rasa humor Anda dan ajak anak didik Anda ikut tertawa.

Intip Rahasia Menjadi Guru Idaman di Sekolah
Seorang guru saat simulasi pembelajaran tatap muka di SD Cimahi Mandiri 2, Cimahi, Jawa Barat [antara foto-Raisan Al Farisi]

MENJADI seorang guru yang diidam-idamkan oleh para murid merupakan cita-cita semua guru. Kedekatan antara murid dan guru sebisa mungkin harus dibangun agar proses pembelajaran bisa menyenangkan dan murid juga akan merasa nyaman selama berada di dalam kelas. Sehingga istilah “guru killer” dan “belajar di kelas membosankan” tidak akan ada lagi.

Yang jadi pertanyaan dalam benak para guru saat ini adalah karakter seperti apa yang diidamakan para siswa? Yuk intip bersama karakter-karakter guru yang disukai oleh kebanyakan siswa di sekolah.  

1. Komunikatif

Mungkin sebagian guru beranggapan guru harus memberikan jarak pada murid. Tujuannya agar murid bisa menghormati gurunya. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya menguntungkan, karena  yang akan muncul adalah murid akan merasa canggung bahkan takut untuk berkomunikasi dengan guru. Lain halnya, jika seorang guru bersifat komunikatif, siswa akan lebih mudah menjalin komunikasi. Murid akan memposisikan dirinya sebagai “partner belajar” sehingga akan lebih nyaman baginya untuk bertukar informasi dengan guru.

2. Memahami peserta didik

Guru yang disenangi oleh muridnya adalah guru yang mampu memahami perasaan anak-anak didiknya. Sebagaimana orang tua yang selalu mencoba memahami keinginan anaknya, guru juga harus bersikap demikian. Guru adalah orang tua siswa di sekolah. Begitu juga sebaliknya: orang tua adalah guru anak-anak di rumah. Dengan begitu tidak akan ada perselisihan yang terjadi antara guru dan murid. Guru juga akan lebih mudah memahami kemampuan dan kendala yang dialami oleh muridnya selama proses pembelajaran.

3. Dinamis dan Kreatif

Kreativitas seseorang memanglah berbeda-beda. Namun bukan berarti seorang guru tidak perlu kreatif ketika mengajar. Guru yang mampu memberikan hal-hal baru dalam proses pembelajaran, akan meminimalisir rasa bosan siswa. Fenomena ini merupakan bukti bahwa tumbuhnya semangat belajar dalam diri siswa. Bukankan ini yang selalu diharapkan oleh setiap guru? Memiliki siswa yang semangat belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi.  

4. Humoris

Mengapa seorang guru harus humoris? Bisa dibayangkan jika selama proses pembelajaran guru hanya meyampaikan materi pembelajaran dengan serius tanpa adanya hiburan atau candaan. Sudah bisa dipastikan, suasana pembelajaran akan sangat membosankan. Oleh kerana itu, mengapa guru harus bisa bersifat humoris. Sehingga suasana yang awalnya tegang akan kembali menyenangkan dengan adanya hiburan yang diberikan oleh guru.

Itulah beberapa karakter guru yang banyak disukai oleh siswa di sekolah. Untuk menarik semangat belajar siswa, seorang guru harus pandai dalam mendekatkan diri dengan para siswa. Oleh karena itu, guru yang memiliki karakter di atas akan lebih mudah mengakrabkan diri degan para siswa di sekolah.  

 INTAN ZUHROTUN

Sumber: Yosodipuro, A. 2013. Siswa Senang Guru Gemilang; strategi mengajar yang menyenangkan dan mendidik dengan cerdik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.