Pembentukan Growth Mindset Guru di Era digital

Pembentukan Growth Mindset Guru di Era digital
Webinar Pendidikan dengan Kabupaten Ngawi bersama Kominfo RI dan APKASI

SahabatGuru - Di era digital ini banyak perubahan yang mau tidak mau kita harus beradaptasi, salah satunya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Stakeholder yang berkaitan seperti guru sangat memungkinkan untuk terkena transformasi digital dalam proses mengajar. Misalnya saja, pembelajaran daring yang sudah dilakukan sekitar hampir 2 tahun kali ini akan berubah kembali menjadi hybrid learning atau blended learning yang mana akan ada perubahan lagi pada masa tersebut. Tak heran jika banyak pendidik mengeluh karena memang terkejut dengan perubahan yang belum sepenuhnya dipersiapkan dengan matang.

Bahkan, banyak pendidik yang tak peduli dengan perubahan, kemudian tetap menjalankan hal-hal dasar saja tanpa memperhatikan bagaimana hasil belajar siswa, motivasi belajar yang menurun dengan drastis, pembelajaran menjadi sangat membosankan, dan mengklaim bahwa dirinya tidak bisa belajar mengenai media digital atau bahkan takut untuk mengarahkan ke transformasi digital tersebut.

Hal ini tentu saja mempengaruhi pola pikir yang ada dalam diri guru itu, ia memiliki fix mindset atau pola pikir yang fix dan tidak ingin berkembang, sementara guru seharusnya memiliki growth mindset yang mana pola pikir untuk berkembang dan terus bertumbuh untuk bisa beradaptasi di era digital.

Maka dari itu, SahabatGuru yang dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara bersama APKASI dan Kominfo RI mengadakan banyak program salah satunya webinar pendidikan yang terus konsisten dilaksanakan. Salah satu tujuannya agar kita bisa bersama-sama untuk membentuk growth mindset dengan webinar, ilmu baru, hingga akan ada training khusus mengenai topik tersebut.

Program webinar pendidikan yang salah satunya dilaksanakan 9 Oktober 2021 bertujuan juga untuk bisa meningkatkan mutu pendidik yang bekerja sama pula dengan Kabupaten Ngawi. Menghadirkan opening speech dan keynote speech seperti Dr. Himmatul Hasanah, M. P sebagai staff ahli APKASI dan inisiator SahabatGuru.

Kemudian ada pula Ony Anwar Harsono, S. T., M. H. Bupati Ngawi yang berharap bahwa transformasi digital di sekolah akan berkembang dengan karakter serTa pola pikir yang terus berkembang dan bisa beradaptasi yang mana bisa dilatih oleh program-program SahabatGuru untuk pembentukan growth mindset pada para pendidik.

Begitu pula dengan stakeholder lainnya seperti pemerintah Kabupaten Ngawi yang mendukung penuh transformasi digital serta pembentukan growth mindset karena Ony Anwar sadar bahwa sekolah haruslah menunjang dan berkecukupan untuk bisa mendukung guru yang cakap dan bekerja keras dalam beradaptasi.

Untuk itu, bahkan dinas pendidikan Kabupaten Ngawi mengeluarkan sistem informasi bernama simpel yaitu sistem informasi manajemen Pembelajaran dengan tentunya akan sangat terbantu adanya program webinar pendidikan SahabatGuru ini.

Sejalan dengan sambutan dari Johnny G. Plate sebagai Menteri Kominfo RI, bahwasanya melalui pembelajaran jarak jauh dan adanya transformasi digital maka haruslah menjadi dorongan dan ketangguhan kita khususnya guru yang harus terus bertumbuh. "Proses pembelajaran yang mengembangkan digital harus memajukan paradigma berpikir, talenta serta karakteristik dalam konteks merdeka belajar, " ungkapnya di akhir opening speech.

Tantangan di ruang digital sangatlah berpengaruh. Literasi digital menjadi hal wajib. Untuk memberikan literasi untuk terciptanya guru yang cakap. Guru harus terus bertumbuh dengan pola pikir yang terus berkembang untuk bisa memanfaatkan platform digital tekhusus seperti SahabatGuru.

Maka, guru harus setuju dengan pernyataan dari Syarwani, S. Pd., M. Si sebagai Dewan pengurus APKASI dan Bupati Bulungan yang mengklaim bahwa berpikir kritis dan analisis juga siap mengawal peserta didik diawali dengan memiliki pola pikir berkembang atau growth mindset. Mengapa hal tersebut perlu disetujui? Karena guru sebagai garda terdepan untuk mencerdaskan anak bangsa pasti perlu untuk membenahi diri terlebih dahulu dengan growth mindset itu.

Webinar pendidikan akan dikupas tuntas oleh narasumber yang sangat luar biasa yaitu Ir. Drs. Djohan Yoga. M.Sc., MoT, Ph.D sebagai pengembang inovasi pendidikan internasional dengan tema growth mindset urgensi peran baru guru untuk para murid dan Prof. Suyanto, Ph. D sebagai Guru Besar Teknologi Pendidikan UNY dengan topik implementasi pendidikan karakter di era digital. 

Untuk mewujudkan guru cakap kermedia digital, cakap numerasi dan berkarakter dalam menghadapi tantangan era global khususnya guru dalam pembentukan growth mindset nya, sahabatGuru akan selalu hadir sebagai media advokasi untuk membersamai para pendidik yang ingin terus bertumbuh karena kami percaya bahwa guru adalah tulang punggung peradaban bangsa dan guru harus bisa memberikan edukasi juga motivasi bagi para peserta didik.