Tips Meningkatkan Pendekatan Emosional dengan Anak  

Adanya ikatan emosional anak dan orang tua sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Disebutkan banyak metode pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengikat emosi antara orang tua dan anak.  

Tips Meningkatkan Pendekatan Emosional dengan Anak  
foto .www.vperemen.com

sahabatguru.com. Adanya ikatan emosional anak dan orang tua sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Disebutkan banyak metode pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengikat emosi antara orang tua dan anak.  

Ikatan emosional antara ibu dan anak penting tidak akan bisa terwujud kalau tidak ada pendekatan yang pas. Menurut Psikolog keluarga Ajeng Raviando, Psi ikatan emosional ternyata tidak bisa muncul dengan sendirinya. 

Ia mengatakan bahwa ikatan emosional bisa terwujud ketika ada pendekatan yang dilakukan. Nah masalahnya adalah banyak ibu atau orang tua yang belum memahami cara dan upaya yang bisa dilakukan untuk membangun ikatan emosi dengan anak sejak dini. 

Hal itu antara lain dikarenakan ibu yang sudah lelah bekerja seharian, kendala waktu dan kesempatan sehingga interaksi antara ibu dan anak menjadi minim. Selain itu, sebagian ibu juga tidak memiliki keterampilan komunikasi yang memadai sehingga pembicaraan hanya dalam bentuk pertanyaan dan interogasi semata. "Ada berbagai cara menumbuhkan ikatan emosional antara ibu dan anak dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ajeng dikutip seperti dilansir laman antaranews.com.

Berikut adalah tips yang diberikan oleh Ajeng Raviando tentang membangun ikatan emosional dengan anak: 


Pertama, The Power of Touch & Hugs, yang mana kekuatan sentuhan dan pelukan telah terbukti ampuh dalam menjalin ikatan emosional antara ibu dengan anak. 


Kedua, Ajeng melanjutkan, The Power of Communication, mantra penting dalam membina ikatan emosional antara orang tua dan anak. 


Ketiga, The Power of Playing Together, tidak ada yang menggembirakan selain bisa meluangkan waktu bermain bersama.


Keempat, The Power of Habits & Daily Routine dengan membiasakan membuat suatu rutinitas harian dan kebiasaan positif bersama anak. Selain itu, jelas Ajeng, ada banyak sekali aktivitas yang dapat meningkatkan bonding (ikatan) antara ibu dan anak; seperti bermain bersama (petak umpet, balok, boneka, dll), memasak, membaca buku cerita, membuat mainan baru DIY (do it yourself), bermusik, berolahraga, menyanyi, storytelling, dan lain sebagainya.
Nah silahkan mencobanya!!!