8 Cara Menjadi Guru Inspiratif

Menjadi seorang guru merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Terdapat banyak yang harus dikuasai salah satunya dalam menciptakan suana yang menyenangkan dan kondusif.

8 Cara Menjadi Guru Inspiratif

Menjadi guru bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, baik mengajar muridnya, mengkontrol agar murid-murid kondusif, bagaimana menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, bagaimana mendidik murid-murid agar mengerti akan materi yang disampaikan, apakah itu sudah cukup? rasanya belum. Selain itu, guru juga harus bisa menginspirasi muridnya. Agar murid termotivasi dalam kegiatan belajar dan dengan apa yang murid targetkan pada semasa sekolah.

Menurut buku Aplikasi Ilmu Psikologi Positif, guru inspiratif adalah guru yang dapat merangsang mental kepada muridnya, dimana diharapkan akan mengembangkan emosi positif mereka. Guru yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi siswanya adalah salah satu tipe guru yang akan selalu diingat oleh siswanya. 

Hal yang harus dilakukan agar menjadi guru yang menginspirasi:

  1. Perhatikan Minat Murid

Sebagai guru, kita ingin melihat murid kita semangat dalam kegiatan belajar. Maka dari itu, seorang guru harus memperhatikan minat dari sang murid agar sang murid merasakan bahwa guru memperhatikan apa hal yang disenangi oleh sang murid.

  1. Mendengarkan Murid

Setiap murid pasti ingin didengarkan oleh guru saat dalam kegiatan mengajar. Baik saat murid bertanya atau saat murid berpendapat. Dengan mendengarkan sang murid, hal ini dapat membawa dampak positif kepada murid dan akan merasa dihargai oleh guru disekolah.

  1. Mampu Menciptakan Suasan Kelas yang Menyenangkan

Murid akan lebih mudah merasa bosan jika suasana kelas yang terlalu serius atau monoton. Sebagai seorang guru, guru wajib menciptakan suasanya yang menyenangkan seperti mengadakan games dengan materi pelajaran di sekolah. Dengan ini, murid akan merasa senang belajar dengan sang guru dan akan semangat dalam belajar.

  1. Menghargai Usaha yang Telah Dilakukan oleh Murid

Tidak sedikit murid yang merasa kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan sekolahnya. Maka dari itu, setiap usaha yang dilakukan oleh seorang murid baiknya dihargai dan diapresiasi setiap progres yang ada pada sang murid. 

  1. Memiliki Perilaku yang Positif

Energi positif dari sang guru adalah hal yang penting saat belajar di kelas. Dengan adanya energi positif yang dibawakan oleh sang guru, maka suasana kelas dan murid pun akan menyerap energi positif tersebut dan bertindak secara positif juga. Selain itu guru dan murid akan mendapatkan manfaat yang banyak dari energi positif tersebut.

  1. Menciptakan Kehangatan dan Empati yang Tulus kepada Semua Murid di Kelas

Seorang guru perlu menciptakan kehangatan dan empati seperti memahami, mengenali berbagai rasa yang dirasakan oleh semua murid dikelas. Dengan memposisikan diri kita sebagai murid akan menciptakan rasa ketulusan yang ada dari seorang guru. Hal ini memberikan dampak yang positif baik untuk murid dan guru.

  1. Menerapkan Instruksi yang Jelas

Dalam kegiatan mengajar, harus ada instruksi yang jelas dari guru, baik dalam pembagian tugas, dalam penyampaian materi. Hal ini akan berpengaruh kepada murid. Dengan adanya instruksi yang baik, murid akan lebih mudah mengerti apa yang disampaikan oleh guru.

  1. Menyampaikan Pertanyaan Umpan Balik

Untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, seorang guru harus menyiapkan pertanyaan umpan balik agar murid bisa menjadi terampil dan membuat belajar menjadi lebih interaktif dan memperluas pelajaran di dalam kelas.

Dari penjelasan di atas, menjadi guru yang menginspirasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi jika kita memiliki komitmen yang tinggi dan mau terus berusaha, yakinlah pasti bisa!