APKASI-SahabatGuru: Sinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan

APKASI-SahabatGuru: Sinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan
Dr. Himmatul Hasanah, M.P., Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan
APKASI-SahabatGuru: Sinergi Tingkatkan Mutu Pendidikan

SahabatGuru menjadi salah satu produk dari Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara yang saat ini bekerja sama dengan APKASI atau Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia. SahabatGuru dengan konsisten melaksanakan webinar pendidikan setiap minggunya dengan berbagai daerah yang berbeda. Salah satunya adalaha webinar hari ini, tepatnya 16 September 2021, dengan tema “Mewujudkan guru cakap bermedia digital, cakap numerasi, dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global.”

Webinar pendidikan ini dihadiri oleh beberapa pakar pendidikan yang menjadi pembicara inti, tak lupa juga sambutan special dari Menteri Kominfo Republik Indonesia Johnny G. Plate, Bupati Bengkulu Utara serta Staf ahli APKASI bidang Pendidikan dan Kebudayaan juag sebagai inisiator Program SahabatGuru yaitu Dr. Himmatul Hasanah, M.P.

Dr. Himmatul memberikan sambutan untuk menjelasakan mengenai kontribusi aktif dari Apkasi dan SahabatGuru terkait pendidikan dan problematikanya dalam webinar yang memiliki topik “Pergeseran Paradigma Guru Menghadapi Tantangan Transformasi Digital Bidang Pendidikan.”

Apkasi masih dan akan terus konsisten dalam membersamai daerah supaya lebih baik serta lebih berkualitas dalam bidang pendidikan di Indonesia. Hal tersebut karena alasan bahwa pendidikan Indonesia sendiri masih cukup jauh dibandingkan negara-negara lainnya. Bahkan, menurut penelitian PISA, bahwa Indonesia masih nomor 3 dari bawah dalam sisi numerasi dan literasi.

Hal ini juga berkaitan erat dengan kekurangan guru di berbagai daerah. Maka dari permasalahan tersebut, Apkasi terdorong untuk berkontribusi secara lebih aktif dengan mencetuskan program-program untuk pendidik. Sejak 2015, Apkasi memperjuangkan nasib para guru serta mutu pendidikan Indonesia bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara yang menjadi mitra utama Apkasi.

Guru sebagai konsultan pembelajaran tentu memiliki peran yang sangat penting dari maju atau mundurnya pendidikan. Oleh karena itu, Apkasi melalui program Apkasi Ministrial Forum menghasilkan 17 rekomendasi, yang salah satunya PPPK yang sedang diperjuangkan agar penganggaran tidak dibebankan pada daerah. Berdasarkan berbagai problematika yang dihadapi guru dan pendidikan Indonesia, lahirlah platform media digital yaitu SahabatGuru yang diharapkan sebagai media advokasi dan inspirasi bagi para guru.

Sementara itu, Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara bersama Apkasi melalui SahabatGuru Training juga sudah mempunyai sekitar 160.000 alumni guru dan ASN, dengan lebih dari 180 kabupaten dan kota. SahabatGuru memiliki pelatihan utama yaitu Matematika Menyenangkan dan English Cepat. Para guru diajarkan bagaimana membuat matematika menjadi mata pelajaran yang lebih menyenangkan dan membahagiakan. Juga program baru yang akan disampaikan pada daerah yaitu belajar Bahasa Inggris dengan cepat.

Sejak 2015, platform SahabatGuru memiliki beberapa kemajuan salah satunya dalam segi produk seperti training atau pelatihan dan media yang tergabung dalam beberapa topik, seperti Kabupaten dan Pendidikan, Dunia Sekolah, Dunia Guru, juga Guru dan Pendidikan. Selain itu, pendidik juga bisa membaca berita atau informasi lanjutan di dalam SahabatGuru E-Magz yang dapat diakses secara gratis.

Seperti yang diketahui bahwa guru adalah tulang punggung peradaban bangsa, maka, banyak kisah-kisah menarik dari pendidik yang tersimpan dalam kenangan. Untuk itu, SahabatGuru mengundang para pendidik agar memori serta pengalaman tersebut bisa disalurkan menjadi sebuah karya tulisan yang bisa dibukukan bersama dengan pendidik lainnya di dalam masterpiece berjudul “Cerita Guru Indonesia.”

Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, buku ini akan memiliki ISBN tersendiri yang khusus dan bisa disebarluaskan. Cara untuk mendaftar dan mengirim tulisan, bisa ikuti langkah-langkah yang tertera di gambar ini.

Selamat menginspirasi!