Bupati Nias Barat Sambut Positif Program Pendidikan Inisiasi Apkasi

Pemerintah Kabupaten Nias Barat menyambut baik adanya audiensi yang diadakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN).

Bupati Nias Barat Sambut Positif Program Pendidikan Inisiasi Apkasi
Penyerahan cinderamata Apkasi oleh Dewan Pembina Apkasi dan Staf Ahli Apkasi kepada Bupati Nias Barat. (SahabatGuru)
Bupati Nias Barat Sambut Positif Program Pendidikan Inisiasi Apkasi

SahabatGuru – Pemerintah Kabupaten Nias Barat menyambut baik adanya audiensi yang diadakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) (23/11/2021). Audiensi yang berlangsung di Kantor Bupati diterima langsung oleh Bupati Nias Barat, turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat.

Apkasi yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Dewan Pembina Apkasi 2021-2026 sekaligus mantan Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM. serta Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Dr. Himmatul Hasanah, M.P. menyampaikan berbagai program unggulan Apkasi di bidang pendidikan.

Pernah menjabat sebagai pengurus  Apkasi selama 8 tahun, Sokhiatulo Laoli memiliki semangat yang besar dalam upaya pemerataan pendidikan di daerah. Sebagai Mantan Wakil Ketua Umum Apkasi, Laoli berfokus menyampaikan gambaran program unggulan Apkasi dalam bidang pendidikan. Program tersebut tak lain adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan SDM di tanah air. Mantan Bupati Nias tersebut mengajak semua daerah khususnya Nias Barat untuk terus solid dan aktif di keanggotaan Apkasi.

“Kami berharap bahwa daerah dapat terus aktif di keanggotaan Apkasi, karena akan sangat bermanfaat bagi daerah khususnya dalam mengakses berbagai informasi dari pusat demi kemajuan daerah,” jelas Dewan Pembina Apkasi.

Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Dr. Himmatul Hasanah, M.P. mewakili Ketua Bidang Pendidikan Apkasi sekaligus Bupati Batu Bara Ir. Zahir, MAP, menyampaikan bahwa program yang ditujukan untuk pengembangan guru dan SDM daerah dikemas menarik. Untuk mendukung pemerintah dalam memeratakan mutu pendidikan, Himma menyampaikan bahwa Apkasi memiliki program unggulan di antaranya program kreatif dan inovatif untuk mendukung kecakapan guru dan SDM daerah dalam mengajar menyenangkan maupun berkomunikasi aktif berbahasa Inggris. Sejak diluncurkan pada tahun 2011, program ini telah melatih lebih dari 160.000 (seratus enam puluh ribu) guru pada 180 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

“Dari testimoni peserta yang mengikuti program ini, mereka sangat antusias dan sangat berharap program ini dapat dilaksanakaan bagi guru dan SDM di seluruh negeri. Program ini kami pandang sangat berguna bagi daerah untuk peningkatan kompetensi guru maupun SDM, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan guru maupun SDM dalam membangun daerah,” ungkap Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan

Bupati Nias Barat dalam rangkaian audiensi menyampaikan apresiasinya terhadap program yang digagas oleh Apkasi tersebut. Program tersebut aplikatif dan Bupati, Sekda dan segenap jajaran menyambut positif adanya program tersebut.

Di akhir audiensi, Pemerintah Daerah menyampaikan harapan terkait dengan PPPK, pihaknya berharap agar penganggaran dapat sepenuhnya dicover oleh pemerintah pusat agar pendidikan di daerah bisa lebih maksimal. Apkasi bersama Pemerintah Daerah bersama mengawal hal tersebut serta memperjuangkan guru PPPK di daerah.

AD