Bupati Toraja Utara Menyemangati Pendidik Seluruh Indonesia

#pendidikan #teknologi #media #komunikasi #digital

Bupati Toraja Utara Menyemangati Pendidik Seluruh Indonesia
Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang S.E., M.Si memberikan opening speech webinar. (SahabatGuru)

SahabatGuru -  Pada kesempatan ini SahabatGuru hadir di Kabupaten Toraja Utara untuk menyapa dan berbagi inspirasi pendidik di Tanah Air. Melalui webinar kali ini dengan mengambil topik yaitu “Optimalisasi Sarana dan Prasarana Sekolah dalam mendukung Digital and Communication Skills pada Pembelajaran Daring”, yang turut dibuka oleh Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, S.E., M.Si..

Adanya covid-19 yang memasuki tahun kedua di Indonesia ini berdampak pada berbagai sektor, terutama di bidang pendidikan. Sekolah yang biasanya diadakan tatap muka, sekarang diadakan daring untuk mencegah penularan virus.

Meningkatnya jumlah kasus covid-19 di Indonesia ternayata tak lantas membuat pembelajaran dilakukan secara daring. Namun, di beberapa daerah tetap melakukan pembelajaran tatap muka dikarenakan sinyal internet yang tidak memadai. Daerah yang memiliki internet pun terkadang terkendala karena sinyal tidak stabil. Tetapi hal itu tidak membuat semangat belajar dan mengajar terpatahkan.

Pendidik pun memanfaatkan teknologi dan media digital untuk belajar dan mengajar. Demi mewujudkan peserta didik yang berkarakter dan berbudaya, pendidik pun harus menguasai teknologi dan media digital dengan bijak.

Banyak hal yang perlu pendidik persiapkan untuk mewujudkan peserta didik penerus bangsa yang berkarakter dan berbudaya. Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring, tidak menghalangi proses belajar mengajar dengan komunikasi digital.

Teknologi dan media digital sangat memudahkan pendidik untuk melakukan komunikasi dengan peserta didiknya. Penguasaan teknologi dan Ilmu secara digital menjadi salah satu kewajiban untuk pendidik.

Satgas covid-19 di Kabupaten Toraja Utara melaporkan bahwa kasus positif covid-19 sangat rendah. Sehingga, Bupati Toraja pun berani untuk mengadakan pembelajaran tatap muka.

Bupati Toraja Utara memaparkan bahwa, beberapa di daerahnya sudah memulai pembelajaran tatap muka dengan kapasitas 50 persen dari kapasitas maksimal ruang kelas yang ada dan disertai protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus covid-19 varian terbaru.  

Proses pembelajaran tatap muka maupun lewat daring, bukan lagi masalah untuk pendidik untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Dengan beragam adaptasi yang telah dilalui pendidik untuk memberikan pengajaran yang terbaik bagi peserta didiknya, saat ini pendidik bukan hanya mengajar tetapi juga belajar. Bupati Toraja Utara menyampaikan pandangan tersebut di webinar yang diadakan SahabatGuru pagi tadi (23/9). 

 “Menjadi guru itu menjadi salah satu pengabdian yang sangat mulia, jadi jangan pernah menyerah, jangan pernah putus asa, walaupun dalam situasi apapun tetap semangat," kata Bupati Yohanis di akhir sambutan.

Sebuah motivasi yang dibagikan Bupati Toraja Utara untuk menyemangati pendidik di seluruh Indonesia agar terus semangat dalam mendidik generasi penerus bangsa.