P2G Imbau Agar Orang Tua Ajak Anak Lakukan Kegiatan Edukatif dan Keterampilan Wirausaha

P2G Imbau Agar Orang Tua Ajak Anak Lakukan Kegiatan Edukatif dan Keterampilan Wirausaha
Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim (Dok. Pribadi)

SahabatGuru - Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mengimbau kepada orang tua sebaiknya mengisi waktu liburan anaknya dengan kegiatan edukatif di rumah. 

Kegiatan memasak, membuat jadwal piket harian di rumah, membuat kerajinan tangan, dan aktivitas produktif lainnya bisa mengasah keterampilan kewirausahaan pada anak. 

"Sekarang anak-anak sangat memahami konten digital, media sosial. Alhasil, anak dapat penghasilan dari aktivitas penjualan produk dari rumah secara online. Intinya, isi liburan dengan kegiatan edukatif dan pembangunan karakter," kata Koordinator Nasional P2G, Satriwan Salim  dalam keterangannya, Ahad (4/7/2021). 

Mengajak anak memasak merupakan salah satu kegiatan edukatif yang bisa diajarkan oleh orang tua selama masa pandemi atau pembelajaran jarak jauh | Foto: Net

Satriwan mengingatkan agar orang tua tidak mengisi waktu liburan anaknya dengan perjalanan ke luar kota. Hal ini guna mencegah penyebaran Covid-19 yang angkanya tengah meroket, dibarengi kemunculan varian baru yang penularannya lebih tinggi. 

"Mengingat kasus sebaran Covid-19 yang makin menggila, dan banyak menyasar usia anak," ujar Satriwan. 

P2G juga mendukung kebijakan pemerintah pusat melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 sampai 20 Juli 2021. Masa ini, lanjut Satriwan, harus menjadi momentum bagi sekolah-sekolah di luar Jawa-Bali untuk memenuhi dan melengkapi komponen daftar periksa pembelajaran tatap muka (PTM), mulai dari fasilitas pendukung protokol kesehatan, hingga SOP pelaksanaan PTM terbatas nantinya. 

ROB