Urgensi Digital, Begini 3 Cara Menyiapkan Siswa Untuk Sukses di Era Digital

Kemampuan dalam dunia digital bukan lagi hanya untuk memenuhi kebutuhan, namun telah menjadi suatu kemampuan mutlak yang penting dimiliki setiap orang. Lalu bagaimana menyiapkan siswa agar mampu beradaptasi dan bersaing di dunia digital?

Urgensi Digital, Begini 3 Cara Menyiapkan Siswa Untuk Sukses di Era Digital
Kegiatan pembelajaran (sumber: www.edutopia.org)

SahabatGuru, kita tahu bahwa teknologi akan tetap ada dan terus berdampingan dengan hidup kita. Pembelajaran berbasis digital kini menjadi penting dalam satuan pendidikan. Namun faktanya, banyak orang sering menganggap pembelajaran digital hanya sebagai penggunaan alat digital di kelas. Sedangkan hanya memberikan siswa akses ke perangkat digital saja tidak selalu mengarahkan siswa pada hasil yang lebih baik. Perlu adanya integrasi teknologi digital yang bijaksana agar siswa mampu beradaptasi di era digital.  

Sebuah survey yang dilakukan oleh Lauren Davis dalam artikel yang berjudul Digital Learning: What to Know in 2020, mengatakan bahwa integrasi teknologi yang bijaksana di dalam kelas dapat membantu siswa secara aktif terlibat dengan konsep dan ide sehingga dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa. Hal ini mengartikan bahwa pembelajaran yang memiliki konsep digital memiliki dampak positif bukan hanya pada siswa, tetapi juga pada guru. Berikut ini ada 3 cara yang dapat digunakan untuk menyiapkan siswa agar sukses di dunia digital.  

1. Ajarkan Kemampuan Cerdas Beradaptasi Digital
Banyak pendidik yang berasumsi bahwa siswa secara naluriah mengetahui cara menggunakan teknologi karena mereka telah lahir di era digital. Memang benar, siswa mungkin tahu cara menjelajahi internet atau menggunakan smartphone mereka, tetapi bukan berarti mereka dapat menerapkan kemampuan tersebut dengan cerdas. Perlu adanya bimbingan dan instruksi yang tepat pada siswa agar mampu beradaptasi dengan cerdas. Baiknya siswa perlu diberi bimbingan agar mampu mensiasati mana yang perlu disampaikan di publik dan mana yang tidak perlu. Serta mengetahui mana yang perlu diserap dan mana yang tidak perlu. Kemampuan ini penting untuk menyiapkan siswa agar sukses di dunia digital. 

2. Beri Kesempatan Siswa Menjadi Pengguna Digital Aktif
Saat di dalam kelas, pendidik dapat memberi kesempatan siswa untuk menjadi pengguna digital aktif. Misalnya saat siswa melakukan kerja kelompok secara virtual, berikan mereka peran penuh dalam melakukan diskusi virtual dengan video conference tiap kelompok. Dengan begitu, akan memberikan pengalaman belajar yang memungkinkan siswa menggunakan teknologi secara aktif. Sehingga dapat memberdayakan siswa untuk mengeksplorasi keterampilan dan kemampuan agar semakin berkembang di dunia digital. 

3. Berikan Pembelajaran Berbasis CTE & STEAM
Pembelajaran berbasis Career and Technical Education (CTE) dan Science Technology Engineering Art Mathematic (STEAM) merupakan bentuk pembelajaran yang berorientasi mempersiapkan siswa di masa depan. Pembelajaran tersebut memungkinkan siswa mendapat pemahaman konsep digital yang lebih dalam. Karena melibatkan siswa secara langsung untuk mengeksplorasi ide, mencari fakta, menemukan topik baru, ataupun merumuskan masalah. Ini akan membantu siswa untuk terbiasa dengan pembelajaran berbasis digital. 

Ketiga cara tersebut dapat menjadi solusi untuk menyiapkan siswa agar di dunia digital. Karena saat ini, sasaran pendidikan adalah mampu mempersiapkan siswa agar dapat bersaing di masa depan. Maka dari itu mari serempak kita sukseskan transformasi digital di dunia pendidikan agar siswa memiliki keterampilan yang luas untuk karier yang sukses di era digital.

Aulia A.

Referensi: 
Davis, Lauren. 2020, “Digital Learning: What to Know in 2020”