Kolaborasi Pemerintah Kabupaten Bantul dan Sahabat Guru dalam Webinar Pendidikan Karakter & Keterampilan Nasional

Kolaborasi Pemerintah Kabupaten Bantul dan Sahabat Guru dalam Webinar Pendidikan Karakter & Keterampilan Nasional
Penjelasan Asesmen Nasional oleh Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A., Direktur GTK Pendidikan Dasar, Ditjen GTK, pada 30 Juni 2021.

Yogyakarta, SahabatGuru- Agaknya masih banyak guru yang belum memahami apa itu Asesmen Nasional. Apa bedanya dengan Ujian Nasional? 

"Kalau UN (Ujian Nasional) adalah profil individual, bapak/ibu sekalian. Tetapi, untuk yang Asesmen Nasional ini lebih kepada konteks kelembagaan atau institusinya." Begitu poin penting yang disampaikan Direktur Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A. pada webinar pendidikan yang diadakan oleh SahabatGuru bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul pada Rabu, 30 Juni 2021 yang lalu.

Rachmadi Widdiharto menjelaskan panjang lebar ihwal Asesmen Nasional dalam webinar pendidikan mengambil tajuk "Pendidikan Karakter & Keterampilan Numerasi di Era Digital bagi Guru Kabupaten Bantul dalam Menghadapi Asesmen Nasional". Ratusan guru dari berbagai kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta menyimak dengan antusias webinar yang berlangsung dua jam setengah itu.

Pelaksanaan webinar pendidikan dilakukan secara full-online melalui platform YouTube dan Zoom. Banyak sekali guru yang turut meramaikan webinar dengan memberi respons interaktif, baik pada kolom chat Zoom maupun YouTube. SahabatGuru mencatat terdapat lebih dari 600 guru yang berpartisipasi. Rekaman acara tersebut bisa disaksikan ulang melalui kanal YouTube Sahabat Guru. Di situ tanggapan guru-guru juga tidak kalah meriah, dengan jumlah views yang saat ini sudah mencapai lebih dari 7.100 kali. 

Webinar pendidikan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dimoderatori oleh Arsi Dwiyani, M.Pd. Terdapat tiga opening speech pada webinar pendidikan Sahabat Guru  kali ini. Masing-masing sambutan disampaikan oleh H. Abdul Halim Muslih selaku Bupati Bantul, lalu Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E selaku Ketua UMUM APKASI Masa Bhakti 2021-2026, dan Dr.H. Hilmy Muhammad, M.A. selaku Anggota DPD RI Komite 3 (Bidang Pendidikan) dari Yogyakarta.

Setelah sambutan, webinar pendidikan SahabatGuru berlanjut pada sesi pemaparan materi dari tiga pembicara. Pembicara pertama adalah Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A., dengan materi "Peningkatan Keterampilan Numerasi dalam Mendukung Asesmen Nasional". Pembicara kedua adalah Drs. Miftakodin, M.M. dengan materi "Penampilan Sekolah untuk Mendukung Pendidikan Karakter Guru dan Siswa". 

Pemaparan materi berlangsung dengan lancar dan interaktif. Masing-masing pembicara memaparkan materi melalui presentasi berisikan data-data lapangan yang aktual. Para peserta cukup antusias dengan turut mengajukan beberapa pertanyaan kepada pembicara, baik yang berada di Zoom maupun YouTube.

Nantikan webinar pendidikan SahabatGuru pada bulan-bulan berikutnya. Silakan kunjungi situs dan media sosial resmi milik SahabatGuru untuk mengikuti berita maupun informasi edukatif terbaru seputar pendidikan. SahabatGuru akan selalu memberi kabar terbaru untuk menjadi sahabat bagi seluruh guru di Indonesia.

MUHAMMAD HAFIZH