APKASI: Upaya Pemerataan Guru di Indonesia serta Cakap Bermedia Digital

APKASI: Upaya Pemerataan Guru di Indonesia serta Cakap Bermedia Digital
Webinar Pendidikan: sambutan petinggi APKASI [regina-sg]

SahabatGuru- Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (APKASI) menjadi wadah untuk menghubungkan daerah-daerah khsususnya untuk menjadikan pendidikan Indonesia lebih merata, lebih maju dan bisa bersaing. 

Dalam webinar pendidikan Rabu (8/09) dengan mengangkat topik "Platform media pembelajaran berbasis internet untuk meningkatkan interaksi dalam menghadapi tantangan global", staf ahli Apkasi Bidang Pendidikan & Kebudayaan sekaligus Inisiator program SahabatGuru Dr. Himmatul Hasanah, M. P. mengklaim bahwa Apkasi dengan program-program yang tengah dilaksanakan dan bekerja sama dengan pemerintah pusat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, juga Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara yang tergabung dalam platform SahabatGuru berusaha sebaik mungkin agar program berjalan dan dapat bermanfaat. 

Salah satunya, Apkasi mencetuskan sebuah forum dengan topik pendidikan Indonesia bersama dengan problematika dari pendidikan.  Apkasi sedang mengusahakan dan berdiskusi lebih lanjut  mengenai formasi PNS untuk 'menambal' kekurangan guru di pelosok Indonesia agar segera diberikan oleh pemerintah.

Selain itu, Apkasi juga mengadakan pelatihan untuk guru-guru yang berhasil melatih lebih dari 160 ribu pendidik di 180 daerah di Indonesia. Program-program tersebut dibentuk bukan tanpa alasan, melainkan karena berdasarkan PISA, guru kita saat ini ternyata masih cukup jauh dan rendah dalam berbagai hal. Maka, perlu adanya pelatihan growth mindset bagi guru untuk mengembangkan pola pikir bertumbuh bagi guru. Kemudian, adanya platform SahabatGuru hadir untuk dapat menampung aspirasi, berita pendidikan serta tindak lanjut program tersebut dalam bentuk media digital. 

"Guru sebagai komponen pendidikan harus mampu beradaptasi dan cakap mengajar. Namun selain itu, guru perlu melihat dan memandang bahwa cakap digital juga harus diperhatikan dan mempercayai bahwa hal tersebut harus dikembangkan," ungkap Ir. H. Zahir, M. AP. Ketua Bidang Pendidikan & Kebudayaan Apkasi dalam sambutan webinar hari ini.

Berpikir kritis dan analitis, serta berkarakter baik menjadi hasil yang guru harapkan selain dengan adanya nilai akademik pada siswa. Guru juga harus memiliki strategi untuk bisa memotivasi serta mendorong agar peserta didik mampu memiliki keterampilan yang sesuai dengan zaman. Untuk itu, perlu adanya effort lebih dari pendidik untuk bisa mencontoh hal yang baik. Maka, Apkasi bersama dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara melalui platform SahabatGuru hadir untuk mendukung guru-guru agar bisa mengembangkan kemampuan dalam teknologi digital dan juga bisa mempercepat dan meningkatkan mutu guru serta pendidikan di Indonesia 

Program-progran tersebut dikembangkan karena kita tidak ingin menyerah tanpa  berusaha untuk mengatasi permasalahan dasar dalam pendidikan. Pun, agar bisa menciptakan generasi yang dipenuhi oleh pembelajaran positif, maka guru menjadi pihak yang sangat berpengaruh.

Oleh karena itu, mari wujudkan guru yang cakap bermedia digital, cakap numerisasi, dan berkarakter  bersama Apkasi-YPAN dan SahabatGuru

REGINA MAHESWARI SANIPUTRI