Sinergi Apkasi Untuk Indonesia Maju

Sinergi Apkasi Untuk Indonesia Maju
Wakil Bendara Umum APKASI, H. Arif Sugiyanto, SH [sahabatguru]

SahabatGuru - Perkembangan teknologi kian begulir dari hari ke hari. Tentunya hal ini juga berimbas pada sistem pendidikan di Indonesia. Siap ataupun tidak, anda para guru harus bisa mengimbangi perkembangan teknologi tersebut. Guru harus melek digital. Cakap bermedia digital. Namun pada kenyataannya, tidak semua guru mampu melakukan hal tersebut. Khususnya para guru di daerah.

Sinergi SahabatGuru bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Adiluhung Nusantara (YPAN) mencoba menjawab permasalah tersebut. Berbagai kegiatan positif  terus dilakukan yang tujuannya tak lain untuk membantu para guru daerah  agar bisa berlari bersama dalam meningkatkan perkembangan pendidikan dalam negeri. Pelatihan bagi para guru contohnya.

Meskipun dalam kondisi pandemi, SahabatGuru tetap mendedikasikan dirinya untuk menyapa para guru tanah air, yakni dengan mengadakan webinar pendidikan. Jika pada Selasa (31/8) lalu SahabatGuru menyapa para guru di Kabupaten Musi Rawas, kini pada Kamis (02/09) SahabatGuru menyapa para guru di Kabupaten Pakpak Bharat.

Ini merupakan bukti bahwa SahabatGuru bersama dengan APKASI terus dan terus mendedikasikan diri untuk mewujudkan Indonesia Maju. Jika kita pernah mendengar pepatah dari seorang tokoh kenamaan negeri, Najwa Shihab. Ia berpesan "Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan."

Pendidikan adalah satu hal penting bagi kehidupan. Jika mendengar kata pendidikan maka erat kaitannya dengan guru. Kita tahu bahwasanya guru merupakan garda terdepan dalam pendidikan. Oleh karenanya SDM yang unggul dan berkualitas lahir dari tangan-tangan guru yang berkualitas pula.

Sebagaimana yang disampaikan oleh H. Arif Sugianto, SH., Wakil Bendahara Umum APKASI serta Bupati Kebumen dalam sambutannya diacara webinar pagi tadi.  “Guru memiliki peran stategis dalam memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta didik.” Ujarnya.

“Oleh kerena itu, APKASI selaku perpanjangan tangan pemerintah dengan jaringan di seluruh wilayah Indonesia berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi informasi di era digital seperti saat ini. Telah lebih dari 10 tahun APKASI bersama dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga pendidik di 180 daerah di Indonesia.” tambahnya.

Tak hanya itu, Arif juga berpesan bagi para peserta webinar dan segenap jajaran pemerintah di Kabupaten Pakpak Bharat untuk terus aktif mengikuti kegiatan-kegiatan positif yang diselenggarakan oleh APKASI. “Kami sangat berharap Bapak Bupati dan segenap jajaran pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dapat terus aktif di organisasi ini untuk dapat saling bertukar pengalaman dan saling bekerja sama untuk memajukan bangsa”. tuturnya dengan tegas.

Arif menutup pidato dengan sebuah closing statement yang cukup menggugah gairah para peserta. “Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh dengan SDM hebat dan guru yang mumpuni. Guru yang mumpuni adalah guru yang mampu dan mengasai perubahan.”

Selamat menyaksikan webinar pendidikan SahabatGuru bersama dengan Kabupaten Pakpak Bharat dengan tema “Solusi Terhadap Culture Shock Akibat Tuntutan Blended Learning dan Fully Online Learning Menuju Era Digital Culture”. Webinar ini dilakukan secara daring melalui media Zoom dan juga disiarkan secara langsung di kanal Yotube Sahabat Guru dengan tajuk “Webinar Pendidikan: Kabupaten Pakpak Bharat”

Sampai jumpa di webinar SahabatGuru selanjutnya. Salam sehat bagi kita semua...