Cara Jitu Menciptakan Inovasi Pembelajaran. Guru Wajib Baca!

Inovasi pendidikan kini menjadi salah satu kunci penting yang harus selalu dicari agar dunia pendidikan dapat terus berkembang dan berjalan efektif menyesuaikan perkembangan zaman ke depannya.

Cara Jitu Menciptakan Inovasi Pembelajaran. Guru Wajib Baca!
Ilustrasi Inovasi.

Di tengah kondisi pandemi yang tak menentu seperti sekarang ini, pendidikan masih menjadi satu kebutuhan masyarakat banyak yang harus tetap berjalan. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah sebuah inovasi baru yang bisa memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat di tengah kondisi sulit seperti ini.

Salah satu komponen yang sangat berperan untuk memberikan invoasi pendidikan di Indonesia adalah pemerintahnya itu sendiri. Pemerintah perlu mengetahui segala permasalahan yang ada dunia pendidikan Indonesia dan mengatasinya dengan menciptakan sebuah inovasi berdasarkan masalah yang ada di lapangan. Tentu karena pemerintah mempunyai kewenangan penuh untuk memberikan keputusan sampai ke pembuatan sistem pendidikan itu sendiri.

Namun, dalam situasi ini terkadang kita tidak harus menunggu adanya keputusan dari pemerintah langsung, kita juga bisa menciptakan inovasi itu sendiri di lingkungan kita, seperti lingkungan keluarga, atau juga lingkungan tempat bermain. SahabatGuru berikan beberapa cara atau tips membuat invoasi untuk pendidikan.

  1. Pola Pikir
    ilustrasi pola pikir manusiaPola pikir, suasana hati, dan suasana lingkungan akan lebih mudah berubah keadaannya, hal tersebut juga karena dipengaruhi oleh guru itu sendiri. Gurulah yang dapat menentukan suasana kelas itu sendiri sejak siswa memasuki kelas tersebut. Jika guru bersemangat untuk menyampaikan materi, maka para siswa juga akan bersemangat untuk mengikuti pelajaran itu.
    Namun, pola pikir seorang guru tentang bagaimana cara merancang dan menyampaikan materi sangat penting untuk proses pembelajaran yang inovatif. Kebanyakan guru hanya dilatih untuk mendidik murid dari sudut pandang guru itu sendiri. Padahal, mereka juga harus memikirkan keadaan siswa mereka juga, dan harus bertindak sebagai pemandu materi yang baik untuk murid-muridnya, serta membuat kelas lebih inovatif.
  2. Refleksi Diri
    ilustrasi refleksi diri seseorangRefleksi diri dapat menawarkan kesempatan penting pada guru untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang gagal di kelas mereka. Guru dapat menggunakan pengajaran reflektif sebagai cara untuk menganalisis dan mengevaluasi praktik pengajaran mereka sendiri sehingga mereka dapat fokus pada praktik pengajaran yang berhasil.
  3. Mengajukan Pertanyaan Terbuka
    ilustrasi seseorang mengajukan pertanyaanKetika seorang guru mengajukan pertanyaan terbuka ini, maka akan terdapat berbagai jawaban dan sudut pandang unik dari murid yang mereka tanyakan. Selain itu, jawaban para siswa juga dapat mengarah pada percakapan yang mengasyikan, memunculkan ide-ide baru, dan mendorong keterampilan kepemimpinan mereka.
    Latihan ini juga dapat membantu siswa untuk menyadari potensi diri yang belum pernah mereka temukan pada diri mereka.
  4. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Fleksibel
    ilustrasi lingkungan belajarDengan menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel dan nyaman, tentu hal ini dapat mempengaruhi minat belajar siswa pada saat kelas sedang berlangsung. Guru juga harus dapat membaca situasi perasaan para siswanya, di kala mereka sudah mulai bosan dengan materi guru harus berinisiatif untuk mengembalikan semangat para siswanya untuk kembali bergairah lagi dalam proses pengajaran tersebut. Namun, jika seorang guru merasa cuek dan tidak dapat membaca situasi perasaan siswanya, maka proses belajar mengajar pun akan menjadi tidak kondusif nantinya.

Itulah beberapa tips dan cara agar sahabat guru bisa menciptakan sebuah inovasi baru di lingkungan pendidikan ini, karena jika kita hanya menunggu kebijakan dari pemerintah, maka tidak akan bisa cepat berkembang dunia pendidikan ini. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, maka peran guru sangatlah penting untuk proses pembelajaran secara online. Tetap semangat untuk mengajar ya guru-guru yang berada di seluruh Indonesia!

Daffa Nur R.