Penuhi Kebutuhan Upskilling Operator Alat Berat, Kemenperin Kembali Buka Program Pendidikan Setara Diploma Satu

Penuhi Kebutuhan Upskilling Operator Alat Berat,  Kemenperin Kembali Buka Program Pendidikan Setara Diploma Satu

Jakarta - Badan Pengembangan Sumber Daya Industri Kementerian Perindustrian dan PT. Komatsu Indonesia semakin memperkuat kemitraannya dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua belah pihak pada Kamis (1/4/2021) lalu di Pabrik PT. Komatsu sekaligus meresmikan pembukaan Penyelenggaraan Program Pendidikan Setara Diploma I bidang Manufaktur Alat Berat untuk Angkatan kedua Tahun 2021.

Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian Arus Gunawan menyampaikan “Pendidikan Setara D1 Kerjasama Industri ini bersifat Tailor Made, diselenggarakan selama 1 tahun dan lulusannya langsung diserap bekerja di industri.”

“Pada tahun 2020, Kementerian Perindustrian telah memfasilitasi 18 kelas program setara Diploma Satu untuk 607 peserta D1 di 10 Propinsi dan 12 Kabupaten/Kota” tambah Arus.

Khusus untuk PT. Komatsu Indonesia, pada tahun 2020 sebanyak 19 peserta telah menyelesaikan satu tahun program upskilling (peningkatan kompetensi karyawan) yang merupakan komitmen BPSDMI dalam mendukung dan mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing untuk industri alat berat.

Pratjojo Dewo Sridadi, Presiden Direktur PT. Komatsu Indonesia mengutarakan bahwa pihaknya berkomitmen "membangun highly motivated and capable employee valuable to the nation dan dengan dukungan BPSDMI serta Politeknik STMI Jakarta, kami berharap dapat memberikan berkontribusi besar untuk kemajuan industri di Indonesia yang sejalan dengan misi kami.”

“Kita butuh sekitar 600 orang per tahun, minimal lulusan SMK,” jelas Dewo.

Melihat pentingnya industri otomotif khususnya alat berat ini dalam rantai perekonomian Indonesia, maka kompetensi karyawan perusahaan sebagai salah satu aset yang terpenting harus diperhatikan. Program Pendidikan Setara Diploma I Manufaktur Alat Berat ditujukan untuk memberikan pemahaman ilmu dasar mengenai teknik industri khususnya manufaktur serta sebagai bentuk orientasi dari perusahaan.

Peserta program akan melaksanakan perkuliahan yang berbasis dual system (sistem ganda) di mana perkuliahan diselenggarakan dengan kombinasi teori dan praktik di ruang kelas maupun workshop kampus Politeknik STMI Jakarta serta pelaksanaan kerja langsung di Pabrik PT. Komatsu Indonesia. Dapat dipastikan jika peserta yang lulus dari program ini akan memiliki kompetensi yang baik untuk meningkatkan produktifitas bagi perusahaan.

BPSDMI bersama Politeknik STMI Jakarta berkomitmen akan terus memperluas dan memperkuat kerja sama dengan industri otomotif. Politeknik STMI Jakarta, unit pendidikan di bawah binaan BPSDMI, adalah unit pendidikan vokasi yang berbasis pada pembangunan kompetensi tenaga kerja industri otomotif. Program Pendidikan Setara Diploma I yang dijalankan oleh BPSDMI ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis untuk terus mencetak Sumber Daya Manusia Industri Otomotif yang Unggul dan berdaya saing (*)