Gunungkidul Apresiasi Program Pendidikan yang Diinisiasi Apkasi

Gunungkidul Apresiasi Program Pendidikan yang Diinisiasi Apkasi
Audiensi APKASI bersama Bupati Gunungkidul. (SahabatGuru)

SahabatGuru – Gunungkidul menyambut baik adanya audiensi yang diadakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) (3/6/2021). Audiensi diterima langsung oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan turut dihadiri oleh segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Dalam sambutan yang disampaikan, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kesehatan Dr. Himmatul Hasanah, M.P. berfokus menyampaikan berbagai program unggulan Apkasi dalam bidang pendidikan. Program tersebut tak lain adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di tanah air. Untuk mendukung pemerintah dalam memeratakan pendidikan, Himmatul Hasanah setidaknya menyampaikan tiga program unggulan diantaranya Program Peningkatan Mutu Guru, Program Peningkatan Imtak dan Training Tata Kelola Pendidikan di Luar Negeri dan Program Peningkatan Literasi Pendidikan.

“Sebagai mitra strategis pemerintah yang memiliki dedikasi pada peningkatan mutu pendidikan di tanah air, Apkasi memiliki beberapa program unggulan di bidang pendidikan yaitu Program Peningkatan Mutu Guru, Program Peningkatan Imtak dan Training Tata Kelola Pendidikan di Luar Negeri dan Program Peningkatan Literasi Pendidikan,” kata Himmatul Hasanah selaku Staf Ahli Apkasi.

Bupati Gunungkidul dalam rangkaian audiensi yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati menyampaikan apresiasinya terhadap program yang digagas oleh Apkasi tersebut. Program tersebut aplikatif dan tidak terlepas dari penguatan sisi karakter para guru. Sunaryanta menyampaikan bahwa karakter inilah yang terpenting dan sesuai dengan visi dan misi pembangunan SDM di Gunungkidul.

“Program yang disampaikan oleh Staf Ahli Apkasi sangatlah bagus terutama dari segi penguatan karakter bagi guru sebagai pendidik generasi bangsa. Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi pembangunan SDM di Gunungkidul,” kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

Di akhir audiensi, Staf Ahli Apkasi menyampaikan terkait Program Peningkatan Literasi Pendidikan yang disampaikan kepada guru-guru melalui majalah khusus pendidikan SahabatGuru. Serangkaian dengan memperkenalkan SahabatGuru bagi guru-guru di Gunungkidul, Apkasi-YPAN menggandeng Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam agenda webinar pendidikan yang diadakan gratis bagi seluruh guru di Gunungkidul. Agenda ini digelar sebagai bentuk konsistensi Apkasi dalam mengawal literasi digital di tanah air.

AD