Guru, Sosok Pahlawan yang Menginspirasi

Guru tidak hanya seorang pahlawan, tetapi juga sosok inspiratif

Guru, Sosok Pahlawan yang Menginspirasi
Ilustrasi Guru, Sosok Pahlawan yang Menginspirasi

Kita sering mendengar bahwa guru adalah sosok pahlawan bagi penerus bangsa. Memegang tugas yang tidak mudah itulah yang memberikan arti guru adalah pahlawan tanpa jasa. Terutama di masa pandemi ini, di mana semua proses belajar mengajar dilakukan secara online sehingga mengharuskan para guru mencari ide kreatif untuk mewujudkan suasana kelas yang kondusif walau hanya lewat aplikasi Zoom. Hal ini juga membuat guru-guru perlu mempertimbangkan cara menyampaikan bahan ajar hanya melalui layar laptop.

Tidak semua anak murid atau orang tua memahami cara kerja tekonologi seperti ponsel, komputer, atau laptop. Maka dari itu, guru-guru harus mampu menjelaskan metode ini kepada orang tua, apa yang terbaik yang harus orang tua lakukan demi anaknya tetap mendapatkan materi pembelajaran di sekolah.

Lalu bagaimana cara menjadi guru yang menginspirasi di masa sulit ini, karena kita tahu tidak hanya guru saja yang mengalami kendala dan dampak dari adanya pandemi ini. Menjadi guru yang menginspirasi adalah menjadi seseorang yang bisa menyetarakan dirinya dengan anak muridnya. Maksudnya, seorang guru memandang anak didiknya sebagai teman dan kerabat, setia mendengar keluhan dan kesulitan yang mereka alami, serta memberikan pujian penuh atas pencapaian atau keahlian khusus yang dimiliki siswa-siswinya. Pujian atas bakat murid di luar akademis pun juga sangat penting karena setiap anak memiliki kecerdasan dan bakat yang berbeda-beda. Alih-alih memaksakan anak untuk bisa menguasai mata pelajaran tertentu, guru dapat membantu siswa untuk mengembangkan bakat yang mereka minati.

Di masa-masa yang masih sulit di Indonesia ini, siswa-siswa membutuhkan dukungan lebih, tidak hanya dari keluarga tapi dari guru-guru mereka juga. Seorang anak yang memiliki mental baik, mereka akan mampu mengembangkan kemampuan, kecerdasan, atau bakat mereka dengan baik pula. Di sinilah peran guru sebagai sosok yang menginspiratif berikutnya, yakni mendorong para siswa untuk menjadi versi terbaik mereka sendiri dan tetap menerapkan materi-materi pembelajaran di kehidupan nyata.

Hal lain untuk bisa menjadi guru yang menginspiratif adalah seorang guru harus mampu mendengarkan setiap pendapat anak muridnya. Dengan mengemukakan pendapat secara bebas mampu menumbuhkan sistem pola pikir yang baik terhadap anak. Para murid akan mampu memecahkan masalah mereka sendiri, tentunya dengan bantuan dan saran yang memotivasi dari guru mereka.

Selain memberikan bahan ajar, guru juga harus memiliki selera humor yang baik agar sistem belajar mengajar tidak terkesan monoton. Membuat anak betah atau konsentrasi dengan materi yang diberikan bukan suatu tindakan yang mudah. Karena itu guru perlu menyelipkan berbagai kegiatan menarik di luar pelajaran supaya para murid tidak merasa jenuh saat kelas berlangsung. Hal ini bisa dilakukan di semua jenjang pendidikan, mulai dari TK bahkan SMA.

Hal-hal kecil seperti di atas mampu menciptakan chemistry antara guru dan murid yang baik, memberikan rasa aman dan nyaman, menggerakkan semangat belajar yang tinggi, serta menjadi pahlawan yang menginspirasi bagi anak-anak penerus bangsa Indonesia.

VINANDIA