Inovasi Bupati Dairi Untuk Pendidik

Inovasi Bupati Dairi Untuk Pendidik
Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu [sahabatguru]

BUPATI Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu punya jurus jitu untuk menghadapi di era Internet of Things (ioT). Termasuk untuk pendidikan, guru dan para tenaga pengajar. Dengan hampir sekitar 5 miliar penduduk dunia yang telah memiliki akses ke internet dan memiliki semacam perangkat seluler, hal ini pasti mempengaruhi cara orang terlibat dengan orang lain, memperoleh berita, dan melihat dunia sekitar. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila tren transformasi digital juga sangat berdampak pada dunia pendidikan.

Era Internet of things (Iot) telah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan. Pendidikan berkarakter menjadi landasan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk meningkatkan kualitas pengajar untuk lebih berkembang serta mampu mengubah pola pikir yang lebih berkembang. 

Yang dilakukan Bupati Dairi agar warganya siap di era digitalisasi ini yakni melakukan perubahan pola pikir (mindset) dan implementasi IT. Beberapa jurus jitu Eddy Keleng Ate Berutu untuk mengaplikasikan hal tersebut di Dairi, antara lain:

  1. Pemkab bertugas untuk merancangkan smart city.
  2. Dinas Pendidikan bertugas untuk meningkatkan kompetensi guru dan mewujudkan sekolah digital.
  3. Dinas Kominfo bertugas untuk menyiapkan infrastruktur digital.
  4. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah bertugas untuk budaya baca melalui optimalisasi teknologi digital dengan layanan aplikasi Dairi.

Resep ini disampaikan Bupati Dairi Eddy KAB dalam webinar pendidikan kolaborasi antara Pemkab Dairi, SahabatGuru dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (19/8).  

Mengapa guru harus cakap digital?

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini kegiatan mengajar tatap muka tidak diperkenankan. Dengan mudahnya akses internet, guru harus sadar dengan aktivitasnya di dunia digital karena guru dipandang sebagai panutan untuk peserta didiknya. Peserta didik generasi milenial tidak hanya mengajarkan materi, tetapi materi beserta praktiknya. Pendidik harus bisa membuat peserta didik untuk lebih kritis dalam banyak hal.

Bagaimana cara membentuk yang memiliki keterampilan dan pola pikir berkembang dalam menggunalan media digital?

Beberapa cara untuk membentuk keterampilan dan pola pikir berkembang dalam menggunakan media digital bisa dengan mengasah kemampuan, menggunakan teknologi informatika, membangun kepercayaan dari yang bertanggung jawab dalam pernyataan materi pembelajaran, kreatif melakukan hal yang baru dengan cara yang baru, serta dapat membentuk karakter.

Kelas Pintar Dairi merupakan salah satu inovasi Bupati Dairi untuk memajukan tenaga pendidik di Kabupaten Dairi. Tujuan program Kelas Pintar Dairi yaitu meningkatkan literasi digital para guru dan tengaa pengajar Dairi agar mampu memberikan pengajaran yang berkualitas. Kemudian Dairi juga bertekad mewujudkan sekolah berbasis digital dan memberikan akses pelayanan pendidikan yang merata dan berkualitas. Proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (PJJ) untuk menghindari penularan Covid-19.

Kendala yang terjadi di Kabupaten Dairi

Masih banyak sekolah di Kabupaten Dairi yang belum terjangkau jaringan internet. Untuk itu, kami mohon bantuan untuk membangun jaringan internet baru sehingga pembelajaran daring (dalam jaringan) dapat berjalan dengan baik sehingga Dairi Cerdas dapat terwujud.

FAIRUZ ZAHIRA