Sekda Samosir: Pemerintah Samosir Dukung Guru Cakap Digital!

Sekda Samosir: Pemerintah Samosir Dukung Guru Cakap Digital!
Sekda Samosir Drs. Jabiat Sagala, M.Hum. (SahabatGuru)

SahabatGuru - Sebuah Webinar Pendidikan untuk guru-guru Kabupaten Samosir telah terselenggara secara virtual melalui Zoom dan live streaming YouTube pada Rabu (8/9). Dengan tema "Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global", webinar ini mendatangkan tokoh-tokoh yang mumpuni di bidangnya. Tujuannya untuk mengenalkan platform media pembelajaran berbasis internet untuk meningkatkan interaksi pembelajaran daring.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Samosir Drs. Jabiat Sagala, M.Hum. (mewakili Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, S.T. yang tidak dapat hadir) sangat mendukung webinar pendidikan ini sebagai salah satu langkah untuk membekali guru-guru dalam penguasaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.

“Aspek pendidikan menjadi aspek yang paling krusial di pandemi Covid-19 ini. Visi misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu ingin mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat, dari segi ekonomi, pendidikan, dan kesahatan. Oleh karena itu, webinar hari ini dengan tema mewujudkan guru yang cakap digital, cakap numerasi, dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global, tentu sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Samosir di sektor pendidikan,” ucap Jabiat pada sambutannya.

Pembelajaran jarak jauh yang sudah berlangsung lama ini pastinya mengagetkan beberapa pihak yang merasa belum siap dengan pemberlakuan pembelajaran daring. Terlebih lagi, guru sebagai fasilitator pendidikan dituntut harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran daring yang tetap menyenangkan.

“Pandemi menuntut adanya physical distancing dan menjadi dasar pembelajaran jarak jauh diberlakukan. Orang tua, guru, dan siswa tentu merasa kaget akan hal ini. Meski pembelajaran berbasis teknologi sudah diberlakukan di Samosir sebelum pandemi, tetapi pembelajaran daring akibat pandemi ini membuat kaget semua lini, termasuk di Samosir. Pembelajaran daring menjadi tantangan untuk semua guru dan siswa, bukan hanya secara teknis, tetapi juga bagaimana agar pembelajaran daring berjalan dengan menyenangkan,” tambah Jabiat.

Pembelajaran daring menyenangkan tak lepas dari beragam aplikasi digital agar materi yang disampaikan dapat dicerna oleh para siswa. Wujud perhatian Pemerintah Samosir pada pembelajaran jarak jauh ini adalah dengan mendukung literasi digital nasional agar Indonesia makin cakap digital 2021. Program ini juga didukung oleh Apkasi dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara melalui platform SahabatGuru demi mewujudkan akselerasi literasi digital guru-guru di Samosir.

Pemerintah Kabupaten Samosir sangat menyambut baik webinar pendidikan hari ini. Dengan mendatangkan praktisi di bidang pendidikan, seperti Dr. Ariyadi Wijaya, M.Sc. sebagai Pakar Strategi Pembelajaran Matematika Universitas Negeri Yogyakarta serta Yoga Dwi Prasetyo, M.Pd., M.Sc. sebagai Dosen Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Kimia Universitas Islam Indonesia, guru-guru Samosir siap mendapatkan bekal untuk meningkatkan interaksi pembelajaran daring melalui platform media pembelajaran berbasis internet.

“Harapan kami, pemaparan materi, komunikasi, dan interaksi pada webinar hari ini dapat memberikan banyak bekal untuk guru-guru Samosir agar lebih cakap digital, cakap numerasi, dan berkarakter. Sehingga, guru-guru Samosir lebih siap untuk terus menciptakan inovasi-inovasi di masa pandemi demi menciptakan generasi-generasi hebat,” ucap Jabiat memberikan harapan di akhir sambutannya.

ANIS SAFITRI