Kombinasi SahabatGuru dan Pijar Kelas Dukung Peningkatan Kapabilitas Guru

Kombinasi SahabatGuru dan Pijar Kelas Dukung Peningkatan Kapabilitas Guru
Webinar Pendidikan Kabupaten Enrekang (sahabatguru)

SahabatGuru - Webinar Pendidikan Kabupaten Enrekang telah sukses diselenggarakan oleh SahabatGuru pada Rabu (20/10). Webinar yang terselenggara secara virtual ini dihadiri oleh Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Sultan Riska Tuanku Kerajaan, S.E. Ketua Umum APKASI 2021-2026, Dr. Himmatul Hasanah, M.P. Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS. Dewan Pimpinan APKASI dan Bupati Morut, Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd. Bupati Enrekang.

Narasumber pada webinar kali ini yaitu Dr. Das Salirawati, M.Si. Pakar Asesmen Pendidikan UNY dan Prof. Ir. Drs. Djohan Yoga, M.Sc., MoT., Ph.D. Pengembang Inovasi Pendidikan serta International Certified Trainer in Education for Asia. Webinar pendidikan yang diikuti oleh ribuan guru-guru melalui Zoom dan YouTube ini membahas “Integrasi Growth Mindset untuk Mewujudkan Kurikulum Adaptif di Era Internet of Things (IoT)”.

Melalui sambutannya, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS. Dewan Pimpinan APKASI sekaligus Bupati Morut menyatakan bahwa APKASI sebagai mitra strategis bagi pemerintah maupun lembaga lain memiliki visi yang sama dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah.

Tantangan di ruang digital saat ini memang makin besar dan menyentuh berbagai bidang kehidupan, baik bidang politik, pemerintah, ekonomi, sosial-budaya, serta pendidikan. Menyikapi tantangan tersebut, literasi digital menuju masyarakat yang cakap digital menjadi hal yang wajib dilakukan. Literasi digital tidak hanya menuntut penguasaan teknologi, tetapi juga mampu bermedia digital dengan tangguh jawab. Hal ini menjadi tantangan pemerintah untuk memberikan literasi kepada masyarakat serta menyiapkan human resource digital demi tercipta masyarakat yang cakap berdigital.  

Melalui platform sahabatguru.com, Kominfo RI dan APKASI bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) siap mengawal literasi digital agar dapat bersaing di era digital ini. SahabatGuru memberikan warna baru bagi geliat literasi dan pendidikan di tanah air dengan menyediakan berbagai informasi terkait pendidikan serta mengadakan webinar inspiratif yang mengundang narasumber expert di bidangnya.

Kabar baiknya juga, Rifky Pratama, S.Kom. sebagai Business Development and Lead GTM Pijar Sekolah memperkenalkan karya anak bangsa yang dipersembahkan oleh PT Telkom Indonesia. Karya anak bangsa ini menjadi salah satu opsi platform pendidikan di Indonesia.

“Kami mempersembahkan Pijar Kelas, sebuah platform pembelajaran digital terpadu yang mendukung guru dalam menciptakan pembelajaran digital yang menarik dan menyenangkan. Demi mendukung blended learning, Pijar Kelas dapat digunakan untuk mengunggah modul/tugas, menyelenggarakan kelas virtual, melakukan uji kompetensi (ulangan harian, PTS, PAS) dan penilaian, mengolah data siswa dan guru,” jelas Rifky.  

Lebih lanjut, Rifky menjelaskan jika Pijar Kelas memiliki keunggulan yang bisa memudahkan para guru berusia senja untuk dapat memanfaatnya.

“Keunggulan Pijar Kelas yaitu memudahkan pihak guru untuk mendaftar, memberi kebebasan akses guru tanpa proktor, dan menyediakan fitur yang sederhana. Kelebihan lainnya yaitu tidak ada batasan storage dan keamanan data terjamin,” tutur Rifky.

Dengan adanya langkah nyata dari Kementerian Kominfo RI-APKASI-YPAN serta PT Telkom Indonesia, guru-guru negeri makin termudahkan untuk menunaikan blended learning di tengah kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas saat ini. Para guru di Enrekang dan seluruh Indonesia jadi lebih siap meningkatkan kapabilitas literasi digitalnya demi mencetak generasi bangsa yang berkualitas.