Menteri Nadiem Seharusnya Bisa Selenggarakan Pendidikan Yang Merata dan Gratis

Menteri Nadiem Seharusnya Bisa Selenggarakan Pendidikan Yang Merata dan Gratis
Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamuddin Daeng

SahabatGuru - Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng meminta kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim segera membangun konsep pendidikan nasional yang menyeluruh, merata, adil, bahkan gratis bagi rakyat.

“Semua orang Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama memperoleh pendidikan dan pengetahuan tanpa harus terhambat oleh tempat, waktu dan biaya. Semua dapat mengakses pendidikan secara mudah dan murah,” ujar Salamuddin, Selasa (6/7).

Bagimana caranya?

Menurut Salamuddin, menteri pendidikan yang juga merupakan pelopor layanan antar online di Tanah Air harus segera membuat kurikulum pendidikan secara nasional dengan platform digital yang dapat diikuti oleh rakyat dari kota hingga ke pelosok. Melalui pendidikan digital, semua rakyat Indonesia mulai dari kalangan petani, buruh bahkan lainnya, asal punya minat, bisa memperoleh ijazah tingkatan pendidikan.

“Mereka juga bisa menjadi ahli di bidang masing masing. Memperoleh gelar-gelar akademis secara mudah dan murah hanya bermodal jaringan internet atau jaringan radio atau jaringan televisi,” ujar Salamuddin.

Dia menambahkan, dengan modal koneksi dan jaringan telekomunikasi Indonesia saat ini, dan mayoritas warganya sudah menggunakan smartphone, justeru di masa pandemi ini seharusnya menteri pendidikan sudah bisa memanifestasikan seluruh amanat Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui digitalisasi pendidikan dan pendidikan gratis bagi seluruh bangsa Indonesia. 

ROB