Media Pembelajaran Interaktif, Pilihan Tepat Pembelajaran Daring

Ketika pembelajaran daring diperlukan interaksi antara siswa dan guru, tetapi kendala-kendala yang ada sering kali menghambat proses interaksi dalam belajar. Diperlukan media pembelajaran yang dapat menimbulkan terjadinya interaksi dua arah antara guru dan siswa sehingga proses pembelajaran berjalan dengan maksimal.

Media Pembelajaran Interaktif, Pilihan Tepat Pembelajaran Daring
Media Pembelajaran Interaktif. (sumber : Ayo Guru Berbagi)

Media pembelajaran interaktif merupakan media dalam proses belajar mengajar berupa suatu produk maupun layanan digital (multimedia) yang diberikan oleh guru kepada siswa dengan menyajikan konten pembelajaran seperti teks, gambar bergerak atau animasi, video, audio hingga video game yang dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan respon aktif. Terdapat beberapa manfaat dari media pembelajaran interaktif, yaitu : 

1. Media pembelajaran interaktif memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing, belajar lebih cepat,mandiri dan tidak menimbulkan kebosanan karena dilengkapi dengan gambar-gambar dan animasi serta soal latihan yang bervariasi.

2. Konsep yang disajikan mudah dipelajari, dipahami dan sistematis

3. Adanya pengulangan yang harus dilakukan saat jawaban salah menjadikan siswa lebih memahami materi. 

4. Media pembelajaran interaktif ini juga dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran secara klasikal maupun individual.

Sebelum menciptakan atau menggunakan media pembelajaran interaktif, yuk sahabat guru ketahui apa saja karakteristiknya agar media yang digunakan dapat maksimal dalam membantu proses belajar mengajar.

1. Kurikulum
Media yang digunakan harus sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, yang dimana aspek desain kurikulum dan pembelajaran meliputi kesesuaian sasaran, kelengkapan unsur pembelajaran, kejelasan tujuan, konsistensi tujuan-materi-evaluasi, pemberian contoh, dan aspek-aspek pedagogik.

2. Konten 
Konten atau materi pada media pembelajaran interaktif meliputi kebenaran substansi materi, kecukupan cakupan ,kedalam, aktualitas, serta kelengkapan sumber. 

3. Komunikasi
Aspek komunikasi yang digunakan dalam media pembelajaran interaktif yaitu kejelasan pesan, tidak melanggar etika, dapat diterima secara umum, mudah digunakan, tampilan menarik, serta memunculkan kegiatan yang interaktif.


Dalam menciptakan media pembelajaran interaktif terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan, jenis media ini dapat membantu guru untuk dapat lebih mudah mengetahui respon siswa terhadap materi yang disampaikan. Diharapkan dengan menggunakan media ini dapat mempermudah komunikasi antara guru dan siswa.

DEWI ROSA