Nias Utara Apresiasi Program Unggulan Apkasi

Langkah kolaborasi hadirkan sinergi peningkatan mutu pendidikan di daerah. Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) bersama Pemerintah Kabupaten Nias Utara.

Nias Utara Apresiasi Program Unggulan Apkasi
Penyerahan cinderamata Apkasi oleh Dewan Pembina Apkasi didampingi Staf Ahli Apkasi kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara. (SahabatGuru)

SahabatGuru – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) adakan audiensi di Kabupaten Nias Utara (23/11/2021). Audiensi yang berlangsung di Kantor Bupati tersebut disambut oleh Wakil Bupati Nias Utara, Sekretaris Daerah dan juga dihadiri oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Nias Utara.

Dewan Pembina Apkasi sekaligus mantan Dewan Pengurus Apkasi yang selama 8 tahun telah membersamai kiprah Apkasi menyampaikan gambaran program unggulan Apkasi dalam bidang pendidikan antara lain Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM daerah. Drs. Sokhiatulo Laoli, MM. pada kesempatan tersebut berharap bahwa daerah khususnya Pemerintah Daerah Nias Utara dapat terus aktif dalam organisasi Apkasi.

“Apkasi sebagai mitra strategis pemerintah sekaligus organisasi para pemimpin daerah diharapkan Bupati dapat terus aktif dalam organisasi Apkasi, sehingga dapat saling bertukar informasi terutama untuk mendukung daerah agar semakin maju,” ucap mantan Bupati Nias menyampaikan harapan.

Ketua Bidang Pendidikan Apkasi sekaligus Bupati Batu Bara Ir. Zahir, MAP yang diwakili Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Dr. Himmatul Hasanah, M.P. menyampaikan beberapa program unggulan Apkasi di bidang pendidikan dan peningkatan mutu guru dan SDM antara lain Smart Mathematic and Joyful Learning dan English Cepat. Kedua program ini sebagai upaya dalam memberikan dukungan pada peningkatan mutu guru dan SDM agar memiliki keterampilan numerasi dan literasi yang mumpuni.

Pemerintah, dalam hal ini disampaikan Wakil Bupati Nias Utara memberikan apresiasi terhadap program yang diinisiasi Apkasi-YPAN. Pemerintah Nias Utara menyambut baik adanya program tersebut. Pihaknya mendukung program sinergi bersama Apkasi dalam mendukung pendidikan daerah. Di tengah audiensi, Wakil Bupati juga menyampaikan harapannya terhadap PPPK daerah.

“Kami berharap bahwa penganggaran PPPK dapat betul-betul difasilitasi penuh oleh pemerintah pusat. Hal ini tentu sebagai dukungan kepada daerah khususnya memberikan apresiasi pada para pahlawan tanpa tanda jasa yang telah berjuang untuk pendidikan,” terang Wakil Bupati Nias Utara.

Himmatul Hasanah di akhir sambutan menyampaikan terkait Program Peningkatan Literasi Pendidikan melalui majalah khusus pendidikan SahabatGuru. SahabatGuru akan diperkenalkan secara massive dalam versi elektronik bersama dengan webinar dengan tema literasi digital dan akan diadakan bagi guru-guru di Nias Utara. Agenda ini digelar sebagai bentuk konsistensi Apkasi dalam mengawal pendidikan tanah air.

Sinergi Apkasi-YPAN dengan Pemkab Nias Utara adalah langkah kecil bagi peningkatan pendidikan di Indonesia.

AD