Pengaruhi Kesuksesan! Dampak Mainan Tradisional untuk Keterampilan Sosial Anak

Perkembangan zaman membuat permainan tradisional semakin kehilangan peminatnya. Padahal sebagian besar jenis permainan ini dapat mengajarkan keterampilan fisik, strategi, pengulangan pola, dan kreativitas anak loh.

Pengaruhi Kesuksesan! Dampak Mainan Tradisional untuk Keterampilan Sosial Anak
Anak- anak sedang bermain permainan tradisonal engklek. (Sumber: istimewa)

Bermain merupakan kebutuhan seorang anak. Bermain menjadi suatu sarana yang memungkinkan anak berkembang secara optimal. Bermain, sama halnya memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar tentang dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi kesuksesan akademik dan masa depan sang anak. Permainan tradisional merupakan permainan yang sangat efektif untuk melatih keterampilan sosial.

Salah satu fungsi utama dari permainan tradisional adalah melatih kemampuan anak untuk bersosialisasi. Keterampilan sosial ini sangat penting karena manusia hidup berdampingan dengan orang lain sehingga mereka harus bisa diterima oleh lingkungannya.

Perilaku yang berhubungan dengan diri sendiri merupakan keterampilan mengatur diri sendiri dalam situasi sosial, dengan kemampuan ini anak dapat memperkirakan kejadian-kejadian yang mungkin akan terjadi dan dampak perilakunya pada situasi sosial tertentu. Perilaku yang berhubungan dengan kesuksesan akademis, meliputi: perilaku atau keterampilan sosial yang dapat mendukung prestasi belajar di sekolah. Perilaku yang berhubungan dengan penerimaan teman sebaya.

Selain itu masih banyak lagi manfaat dari permainan tradisional untuk perkembangan anak. Berikut merupakan beberapa manfaat permainan tradisional bagi anak.

1. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi
Salah satu fungsi utama dari permainan tradisional adalah melatih kemampuan anak untuk bersosialisasi. Hal ini sangat penting karena manusia hidup berdampingan dengan orang lain sehingga mereka harus bisa diterima oleh lingkungannya.

Cara melatih anak bersosialisasi adalah mengajak mereka bermain dan menghabiskan waktu bersama teman sebayanya. Beberapa jenis mainan yang bisa dimainkan bersama antara lain adalah lego, puzzle, playadough, bermain air, bermain di alam, atau bermain bola agar mereka belajar berkompetisi dengan orang lain.

2. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
Manfaat bermain dengan permainan tradisional ternyata dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Untuk memainkan permainan tradisional, anak-anak akan mengajak teman-teman mereka. Di sinilah mereka mulai belajar untuk mengenal sifat orang lain. Manfaat lain dari permainan tradisional adalah melatih anak untuk mengambil keputusan yang tepat.

3. Menambah Aktivitas Belajar
Banyak pembelajaran yang bisa didapatkan oleh anak dari permainan tradisional. Pertama yaitu melatih kreativitas anak. Anak diajarkan membuat mainan dari bahan-bahan alami seperti pelepah pisang dan kulit jeruk. Kedua, melatih kekuatan fisik anak agar lebih banyak bergerak saat memainkan permainan tradisional. Anak-anak juga dapat belajar bersosialisasi dan bergaul dengan teman sebayanya saat bermain.

4. Meningkatkan Konsentrasi
Kecerdasan anak perlahan dapat terasah melalui permainan tradisional. Dalam permainan kelereng, misalnya, anak harus memikirkan strategi yang tepat agar bisa memenangkan permainan. Demikian pula dengan permainan catur yang sangat baik untuk meningkatkan kerja dan fungsi otak.

Permainan lain seperti petak umpet juga sangat baik untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak. Mereka akan menerapkan strategi dan upaya agar tidak ketahuan saat bersembunyi.

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa anak-anak yang distimuli dengan permainan tradisional akan mengalami peningkatan keterampilan sosial. Hendaknya guru menjadi fasilitator yang terus menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki setiap siswa dengan menerapkan metode-metode yang menyenangkan, inovatif, dan kreatif dengan memanfaatkan permainan tradisional.

Galih N

Referensi:
Putri A. P, (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak  Melalui Permainan Tradisional. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI (1).8. 129-136.

Kompas.com, (2020). Ayo Perkenalkan Permainan Tradisional agar Anak Lebih Sehat. 

BP-Guide.id, (2018). 8 Rekomendasi Permainan Tradisional Jawa Yang Seru dan Mendidik untuk Diajarkan Kepada Anak.