Perlu Dukungan Apkasi, Purbalingga Genjot Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mengadakan kunjungan audiensi program dana hibah Dikti sekaligus program peningkatan mutu guru dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Daerah di Kabupaten Purbalingga.

Perlu Dukungan Apkasi, Purbalingga Genjot Pertumbuhan Ekonomi Daerah
Audiensi APKASI bersama Pemkab Purbalingga (27/6)

Sahabatguru.com – Kunjungan Dewan Pembina Sakhiatulo Laoli dan Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Himmatul Hasanah bersama mitra Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara diterima oleh Bupati Purbalingga melalui Sekda Purbalingga dengan didampingi kepala OPD di lingkup pemda Purbalingga. Audiensi tersebut membahas mengenai sosialisasi program dana hibah Dikti serta pelaksanaan Program Unggulan APKASI Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan dan SDM di Kabupaten Purbalingga, bertempat di Pendopo Kabupaten Purbalingga, Senin (27/6).

Dalam sambutannya, Sekda Purbalingga sangat mengapresiasi kedatangan Dewan Pembina APKASI bersama rombongan. Sejalan dengan APKASI, Sekda menyampaikan pihaknya sangat memprioritaskan pembangunan di berbagai sektor dan peningkatan kualitas SDM di daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Pembina bersama Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Himmatul Hasanah menyampaikan program hibah Dikti serta beberapa program unggulan APKASI di bidang pendidikan antara lain Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM Daerah.

“Dengan berkolaborasi dengan Dikti, APKASI akan mengawal daerah agar mendapatkan kesempatan yang sama dalam mendapatkan dana padanan Dikti melalui platform Kedaireka yang nantinya dapat semakin meluaskan kebermanfaatan yang diperoleh daerah serta masyarakat penerima manfaat,” terang Himmatul.

Sekda Purbalingga menyampaikan bahwa indeks kemiskinan Purbalingga naik selama pandemi covid-19 dan berangsur menurun di tahun ini. Purbalingga membutuhkan bantuan APKASI untuk mendapatkan dana hibah tersebut.

“Kami sangat membutuhkan bantuan APKASI dalam rangka mendapatkan dana hibah Dikti, sebagaimana Purbalingga masih menjadi salah satu daerah termiskin di Jawa Tengah. Indeks kemiskinan naik dikarenakan pandemi covid, saat ini mulai turun. Namun, saat ini pertumbuhan ekonomi juga masih di bawah rata-rata. Perlu dorongan salah satunya dari adanya hibah dana Dikti ini,” jelasnya.

APKASI melalui Staf Ahli Bidang Pendidikan menyampaikan dukungannya pada daerah untuk mengawal program hibah Dikti.

Disampaikan pula oleh Himmatul bahwa APKASI memiliki salah satu program pendidikan yang sevisi dengan program pemerintah Kabupaten Purbalingga. Program tersebut diperuntukan bagi guru maupun SDM daerah yang tentunya sangat relevan pada era globalisasi seperti saat ini.

"Untuk mendukung Kabupaten Purbalingga ini kami memiliki program unggulan yang relevan yaitu Professional English Training yang diformulasikan khusus agar peserta dapat berani berkomunikasi aktif dalam Bahasa Inggris dalam kurun waktu 3 hari. Banyak daerah yang sudah mengikuti program ini, salah satunya adalah Kabupaten Batubara," ujar Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan.

Menurut Dewan Pembina APKASI  Sakhiatulo Laoli, program ini berbentuk pelatihan guru maupun SDM, yang dikemas kreatif dan inovatif untuk mendukung kecakapan guru dan SDM daerah. Agar mereka dalam mengajar menyenangkan, maupun berkomunikasi aktif berbahasa Inggris dalam berbagai kegiatan.

"Program ini, kami pandang sangat berguna bagi daerah. Terutama untuk peningkatan kompetensi guru maupun SDM aparatur pemerintah daerah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan guru maupun SDM aparatur dalam membangun daerah," ungkapnya.

AD