Tapanuli Utara Dukung Program Apkasi, Siapkan Indonesia Emas 2045

Keberhasilan pendidikan nasional bukan saja menjadi tanggung jawab guru. Namun, di dalamnya perlu adanya sinergi dari berbagai pihak dimulai dari orang tua murid hingga dukungan dari pemerintah daerah dalam mensukseskan pendidikan. Wujud dukungan pemerintah sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sangat diperlukan guna memberikan arahan positif bagi peningkatan mutu guru maupun pendidikan di daerah.

Tapanuli Utara Dukung Program Apkasi, Siapkan Indonesia Emas 2045
Audiensi Apkasi di Tapanuli Utara.

SahabatGuru- Dewan Pembina Apkasi, Drs. Sokhiatulo Laoli, bersama Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan, Dr. Himmatul Hasanah, M.P. mewakili Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama mitra Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) berupaya melakukan kolaborasi dalam mensukseskan pendidikan di Indonesia melalui program unggulan yang disampaikan pada audiensi yang dilaksanakan di Kabupaten Tapanuli Utara, Senin (13/12/2021).

Audiensi Program Unggulan Apkasi ini dengan diterima langsung oleh Bupati Tapanuli Utara yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Staf Ahli Bupati serta para pimpinan OPD terkait.

Mantan Dewan Pengurus Apkasi yang selama 8 tahun telah membersamai kiprah Apkasi menyampaikan gambaran program unggulan Apkasi dalam bidang pendidikan antara lain Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM daerah. Laoli berharap pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dapat terus aktif dalam organisasi Apkasi serta dapat berbagi dan bertukar informasi untuk kemajuan daerah.

Berbagai fokus bidang yang dimiliki Apkasi, salah satunya yaitu Bidang Pendidikan yang diketuai oleh Bupati Batu Bara, Ir. Zahir, MAP memiliki program yang dapat disinergikan dengan daerah. Melalui Staf Ahli Apkasi, Himmatul menyampaikan bahwa Apkasi memiliki program unggulan baik dalam bidang pendidikan yang telah menyapa daerah lebih dari lima tahun terakhir ini. Berbagai program pelatihan tersebut telah dilaksanakan lebih dari 160.000 guru di lebih dari 180 daerah di Indonesia.

“Program unggulan Apkasi pada bidang pendidikan berfokus pada program peningkatan kapasitas SDM guru juga OPD. Untuk peningkatan kapasitas SDM guru yaitu melalui program Smart Mathematic, Joyful Learning serta Bahasa Inggris Cepat, sedangkan program yang diperuntukan OPD yaitu Bahasa Inggris Cepat,” ungkap Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan.

Dalam audiensi Asisten Pemerintahan menyambut baik rencana kerjasama program peningkatan kualitas SDM khususnya di bidang pendidikan. Dia berharap, program Apkasi tersebut dapat memberikan inovasi bagi daerah dalam mendukung pendidikan daerah.

“Program Apkasi di bidang peningkatan SDM ini sangat bagus untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045,” kata Asisten Pemerintahan saat audiensi.

Tapanuli Utara, menjadi salah satu daerah yang akan bersinergi untuk mewujudkan kemajuan pendidikan Indonesia.

AD