Terapkan 3 Hal Ini, Dijamin Belajar Matematika Jadi Menyenangkan!

Matematika? Mendengarnya saja terkadang siswa banyak yang sudah malas. Matematika terkadang menjadi mata pelajaran yang siswa tidak senangi. 

Terapkan 3 Hal Ini, Dijamin Belajar Matematika Jadi Menyenangkan!
Ilustrasi matematika. Sumber: kaba12.com

Kenapa? Jawabannya simpel, karena matematika susah. Padahal matematika tidak selamanya belajar aljabar, matriks, dan lainnya. Secara tidak sadar, matematika juga mengajari siswa dalam critical thinking (berpikir kritis), bagaimana dalam memecahkan suatu permasalahan di dalam soal, dan lainnya. Kita sebagai seorang guru harus bisa membuat siswa setidaknya mau belajar matematika.

Dalam proses belajar mengajar matematika, sebaiknya kita menjelaskan materi sebisa mungkin menggunakan bahasa yang mudah digunakan, menggunakan perumpamaan yang mudah dimengerti oleh siswa sehingga siswa dengan mudah dapat mengerti penjelasan materi yang disampaikan. Begitu juga dalam memberikan soal latihan. Berikan siswa soal latihan mulai dari yang mudah hingga yang sulit secara bertahap dan pelan-pelan, serta berikan juga contoh sebelum mengerjakan latihan tersebut. Dan seorang guru juga perlu mengerti bahwa tingkat menangkap informasi untuk setiap siswa pasti berbeda-beda dan tingkat kesulitan siswa pun berbeda-beda.

Membuat kelas menyenangkan dalam belajar matematika merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Karena kemungkinan banyak siswa yang tidak senang dengan matematika sehingga siswa menjadi malas dalam memperhatikan penjelasan seorang guru. Maka dari itu, kita perlu menyiapkan strategi yang tepat agar membuat kelas menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. 

Ada 3  cara yang dapat membuat belajar matematika menjadi lebih menyenangkan!

1. Membuat Permainan Matematika
Saat belajar di kelas, cara lama yang masih sering digunakan adalah guru menjelaskan hingga selesai, siswa mencatat lalu mengerjakan latihan soal. Hal tersebut membuat suasana kelas tidak santai, dan terlalu serius. Guru bisa menciptakan permainan matematika dengan menggunakan:
• Permainan kartu: kartu bisa berisi angka, dan juga pertambahan, perkalian, pengurangan, pembagian. Setiap siswa akan diberikan kartu dan mulai menghitung, dan yang mendapat nilai paling tinggi menjadi pemenang.
• Papan Permainan Matematika: papan ini bisa diisi dengan games teka teki silang mengenai fakta matematika.

2. Membuat Kelompok Belajar
Mengadakan kelompok belajar matematika merupakan salah satu hal yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif. Guru dapat memberikan soal-soal atau quiz kepada tiap kelompok, dan tiap kelompok yang memiliki nilai akhir yang tinggi akan mendapatkan penghargaan.

3. Menggunakan Teknologi
Salah satu hal yang siswa gemari sekarang adalah teknologi. Banyak sekolah yang memperbolehkan siswanya untuk berlatih matematika secara online akan membuat belajar matematika menjadi lebih menyenangkan. Dengan menggunakan sumber belajar online, siswa akan lebih tertarik dan mungkin akan lebih memperhatikan materi pembelajaran. Hal ini, tentu akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Guru dapat membimbing siswa semisalnya dalam menggunakan aplikasi Khan Academy dalam belajar matematika di kelas.

Tidak peduli apa yang sedang siswa pelajari di kelas, suasana yang menyenangkan dan positif dengan sendirinya akan membuat siswa tertarik dalam pembelajaran tersebut. Dengan 3 hal yang disampaikan di atas, guru dapat menerapkannya satu persatu atau hanya menerapkan 1 metode saja.

Nadia Safira