Webinar Pendidikan Kabupten Samosir: Aksi Nyata SahabatGuru Wujudkan Indonesia Maju

Webinar Pendidikan Kabupten Samosir: Aksi Nyata SahabatGuru Wujudkan Indonesia Maju
Webinar Pendidikan SahabatGuru di Kabupaten Samosir [sahabatguru]

Konsistensi SahabatGuru dalam mewujudkan Indonesia maju tidak perlu diragukan lagi. Terbukti dengan adanya segenap kegiatan positif yang telah dilaksanakan. Webinar pendidikan misalnya. Dalam kondisi pandemi covid-19, tidaklah memungkinkan jika mengadakan pelatihan secara langsung, namun tidak berarti bahwa kondisi ini mengahambat SahabatGuru untuk melatih para guru di daerah. Webinar Pendidikan merupakan solusi yang diambil oleh SahabatGuru untuk terus membersamai para guru dalam meningkatkan kompetensi diri.

Melalui tema utama “Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global” serangkaian acara webinar pendidikan telah sukses dilakukan oleh SahabatGuru di beberapa wilayah di Indonesia. Dari satu kabupaten ke kabupaten yang lain SahabatGuru terus menghadirkan para pakar pendidikan untuk menjawab permasalahan pembelajaran yang banyak ditemui para guru.

Pada pekan lalu, tepatnya pada Kamis (02/09) SahabatGuru bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, APKASI dan YPAN sukses melakukan webinar pendidikan di Kabupaten Pakpak Bharat. Dalam webinar pendidikan ini SahabatGuru mengusung topik “Solusi Terhadap Culture Shock Akibat Tuntutan Blended dan Fully Learning Menuju Era Digital Culture”. Pakar pendidikan yang didatangkan dalam acara tersebut ialah Dr. Suyoto, M.Si, dan Ir. Drs. Djohan Yoga, M.Sc., MoT., Ph.D. Kedua pakar pendidikan ini membahas pentingnya growth mindset yang harus dimiliki oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah.

Di pagi yang penuh bahagia ini, Rabu (8/9), SahabatGuru kembali mengadakan webinar pendidikan dengan mengangkat topik “Platform Media Pembelajaran Berbasis Internet untuk Meningkatkan Interaksi dalam Menghadapi Tantangan Global”. Webinar pendidikan kali ini juga menghadirkan pakar dan praktisi pendidikan untuk membersamai para guru di Kabupaten Samosir.

Webinar kali ini dibuka dengan pemberian sambutan dari Dr. Himmatul Hasanah, M.P., selaku Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan dan Kebudayaan dan juga Inspirator Program SahabatGuru.  Meski sempat mengalami kondala teknis, Himmatul sangat antusias untuk menyapa para peserta webinar. Sambutan kedua disampaikan oleh  Ir. H. Zahir, M.AP., selaku Ketua bidang pendidikan dan kebudayaan APKASI dan Bupati Batu Bara. Sambutan ketiga disampaikan oleh Drs. Jabiat Sagala, M.Hum., selaku Sekretaris Daerah Samosir. Dalam hal ini Jabiat berperan menggantikan Bupati Kabupaten Samosir Vandiko T. Gultom, S.T., yang berhalangan hadir. Sambutan terakhir disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Infomatika Johnny Gerard Plate.

Setelah sambutan rampung disampaikan, kini tiba saatnya bagi para peserta webinar untuk mendengarkan sajian materi dari para praktisi pendidikan. Pemaparan materi yang pertama disampaikan oleh  Dr. Ariyadi Wijaya, M.Sc., selaku pakar pembelajaran matematika UNY, dan Reviewer Framework AKM. Dalam webinar kali ini Ariyadi menyampaikan materi dengan topik “Platform Media Pembelajaran Numerasi”. Dalam hal ini Ariyadi memaparkan beberapa media digital yang bisa digunakan oleh para guru agar proses pembelajaran bisa lebih menyenangkan.

Dilanjutkan dengan pemateri kedua, Yogo Dwi Prasetyo, M.Pd., M.Sc., dosen pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Kimia UII, dan Sahabat Rumah Belajar DIY. Jika Ariyadi berfokus pada platform pembelajaran matematika secara digital, lain halnya dengan Yogo, ia memaparkan seputar Platform Media Pembelajaran Natural Science.

Ribuan guru dari Kabupaten Samosir tergabung secara langsung dalam ruang virtual Zoom untuk mengikuti webinar pendidikan dengan para pemateri hebat di atas. Tak hanya itu, webinar pendidikan ini juga disaksikan secara langsung oleh para guru di luar Kabupten Samosir dengan cara mengikuti live streaming di kanal Youtube SahabatGuru.

Semoga antusiasme dari para guru ini dapat menjadi modal utama bagi pendidikan Indonesia untuk terus meningkatkan kualitasnya sehingga dapat mencetak generasi bangsa yang unggul dan berkarakter.

Sampai jumpa dalam serangakain acara webinar pendidikan selanjutnya.

Salam sukses untuk para guru di seluruh penjuru negeri!

INTAN ZUHROTUN