Formula 5 W + 1 H untuk Mencapai Growth Mindset

Seseorang dengan growth mindset adalah pembelajar seumur hidup. Mereka tidak akan berhenti belajar dan selalu ingin terus mencoba sesuatu yang belum pernah ia coba sebelumnya. Mereka terus bergerak maju, bahkan saat menghadapi tantangan dan kegagalan besar.

Formula 5 W + 1 H untuk Mencapai Growth Mindset
5W+1H Growth mindset (animation by : KJ Walton)

Pola pikir growth mindset dapat dipelajari oleh usia berapa pun. Bagi seorang growth mindset tidak ada kata terlambat untuk mengembangkan dan mengeksplorasi bakat, hobi, dan keahlian baru. Pola pikir growth mindset dapat dilatih dengan menerapkan pertanyaan 5W+1H dalam setiap aktivitas agar setiap hal yang dilakukan dapat membentuk pilar positif yang menjadikan kita pribadi yang terus bertumbuh. Berikut ini 5W+1H untuk mengembangkan growth mindset.

1. W = What will you do to reach your goals successful today?
“Apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai goals mu hari ini?”
Sebelum melakukan suatu kegiatan pastikan terlebih dahulu memahami apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Hal ini bertujuan agar setiap pergerakan yang kita lakukan sejalan dengan tujuan yang akan dicapai.

2. W = What step will you take to reach your goals today?
“Apa langkah yang bisa kamu ambil untuk mencapai goals mu?”
Pastikan kita memahami step selanjutnya agar tetap di jalan yang sama dengan tujuan yang akan dicapai.

3. W = What other strategy can you do to reach your goals?
“Adakah strategi lain yang bisa kamu gunakan untuk mencapai goals mu?”
Pastikan pula kita memiliki strategi lain agar tetap sejalan dengan tujuan yang akan dicapai.

4. H = How will you keep running if the situation changes to be difficult?
“Bagaimana kamu bisa tetap berjalan jika keadaan berubah menjadi sulit?”
Dalam mencapai tujuan, pastikan kita memiliki rencana jika sesuatu yang buruk terjadi, sehingga setidaknya kita memahami apa yang akan kita lakukan ketika sesuatu yang buruk terjadi. 

5. W = What have you learned from your activities today?
“Apa yang telah kamu pelajari dari aktivitasmu?” Sekiranya kita telah melakukan sesuatu hal, ada kalanya kita perlu mengevaluasi kembali, apa yang bisa diambil dan dipelajari untuk dapat memperbaikinya di kemudian hari. 

6. W = What experience can you learn from your rival today?
“Apa pelajaran yang bisa kamu ambil dari lawanmu hari ini?”
Kita juga perlu melakukan evaluasi, apa yang dapat dipelajari dari lawan kita, tentang bagaimana strategi atau cara mereka bertahan untuk mencapai tujuan. 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menjadi acuan agar kita tetap berada di jalan yang lurus sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai, sehingga pola pikir kita dapat terus bertumbuh. Kita dapat menerapkannya melalui catatan-catatan kecil sebagai evaluasi untuk langkah ke depan. 

Namun perlu diingat pula, yang utama dalam mencapai growth mindset adalah pikiran yang jernih, agar kita tetap berpikir praktis dan taktis dalam mengeksekusinya. Pada dasarnya manusia memiliki mindset berkembang, kita percaya bahwa seseorang selalu dapat meningkat, mengejar, atau bahkan melampaui, untuk mencapai tujuannya. Dalam menuju perubahan yang lebih positif agar mencapai growth mindset, tentu harus dibarengi dengan niat, tekad, dan kemauan yang keras.

Aulia Arifka