APKASI Siap Mengawal Guru Bermedia Digital

APKASI Siap Mengawal Guru Bermedia Digital
Sekretaris Bidang Pendidikan & Kebudayaan APKASI, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa S.H., L.L.M dalam 'Webinar Pendidikan Kabupaten Toraja Utara'.

SahabatGuru - Apkasi telah menjadi Lembaga yang diperuntukkan berbagai kalangan, tidak hanya pemerintah saja namun akademisi, praktisi hukum, dan masyarakat secara luas. Hal ini sesuai dengan tugas dan fungsi dari Apkasi yaitu menjadi mitra strategis pemerintah maupun lembaga lainnya dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah.

Dalam Webinar Pendidikan Kabupaten Toraja Utara (23/9) Andi Seto Gadhista Asapa S.H., L.L.M Sekretaris Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Apkasi, Bupati Sinjai mengawali opening speech mengenai komitmen Apkasi dalam mendukung program guru cakap bermedia digital. 

Salah satu dari permasalahan yang cukup menjadi fokus Apkasi dan pemerintahan yaitu pembangunan sumber daya manusia secara merata. Kualitas sumber daya manusia merupakan hal yang sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa, selain itu juga merupakan pondasi kuat di tengah sengitnya persaingan regional global.

Tantangan di era digital tentu semakin besar dan telah menyentuh semua bidang kehidupan seperti politik, pemerintah, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan. Menyikapi tantangan tersebut, literasi digital menuju cakap digital menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Literasi digital tidak hanya menuntut penguasaan teknologi, melainkan juga mampu bermedia digital dengan bertanggung jawab.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi penyelenggara kepemerintahan untuk memberikan literasi kepada masyarakat serta menyikapi human resources digital demi terciptanya masyarakat yang cakap digital.

Dalam perspektif pendidikan, guru sebagai komponen utama dalam pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digital seperti saat ini. Selain keahlian dan kecakapan dalam mengajar, guru juga perlu ‘melek’ dan cakap digital.

Guru diharapkan mulai menanamkan pola pikir yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform pendidikan saat ini. Selain itu juga melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan learning management system, dan lain sebagainya.

Tantangan guru di era globalisasi yang dimana serba digital, yaitu mencetak lulusan-lulusan yang memiliki kemampuan menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis serta analitis, dan tetap berkarakter.

Maka dari itu, Apkasi sebagai mitra dan perpanjangan tangan pemerintah dengan jaringan di seluruh wilayah Indonesia berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah dalam penguasaan teknologi di era digital. Salah satu upaya yang telah dilakukan selama 10 tahun terakhir yaitu Apkasi dan Yayasan pendidikan Adiluhung Nusantara, telah melatih lebih dari 160.000 tenaga pendidik di 180 daerah di Indonesia.

Andi Seto Gadhista Asapa S.H., L.L.M meyakini bahwa sinergi ini akan mampu mempercepat pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia. Apkasi bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara melalui platform SahabatGuru siap mengawal literasi digital di berbagai daerah agar dapat bersaing di Era Digital.

Sebagai garda terdepan pencerdas generasi emas di Indonesia, guru memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi dan motvasi kepada peserta didik. Dengan memberikan semangat dan insipirasi untuk Indonesia Maju, SahabatGuru memberikan warna baru bagi penggiat literasi dan pendidikan di Indonesia.

APKASI ingin terus menjadi semangat dan inspirasi bagi Kabupaten Toraja Utara, untuk terus berkembang dan memberikan energi positif bagi negeri. SahabatGuru hadir memberi ruang bagi pemerintah untuk menyapa masyarakat khususnya para guru Toraja Utara melalui berbagai program yang akan dipublikasikan oleh media SahabatGuru yang diberikan secara gratis agar dapat diakses oleh seluruh guru di Indonesia guna meningkatkan mutu guru.

Akhir sesi opening speech dari Andi Seto Gadhista Asapa S.H., L.L.M menyampaikan harapannya yaitu seluruh kepemerintahan dan masyarakat untuk dapat terus aktif bersama APKASI untuk saling bertukar pengalaman dan saling bekerjasama demi memajukan bangsa dan negara bersama.