Bupati: Guru Musi Rawas Mantap, Maju, Mandiri, dan Bermartabat

Bupati: Guru Musi Rawas Mantap, Maju, Mandiri, dan Bermartabat
Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud [sahabatguru]

SahabatGuru - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membawa dampak yang sangat serius, khususnya dalam aspek pendidikan. Adanya wabah Covid-19 ini memungkinkan terjadinya lost generation. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan solusi yang ditawarkan oleh negara untuk mengatasi hal tersebut. Namun, bukan berarti solusi ini selamanya menjamin mutu pendidikan, karena seperti yang kita ketahui masih banyak tantangan dan juga rintangan yang dihidapi dalam pelaksaan PJJ.

SahabatGuru bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, YPAN dan APKASI menggandeng para guru mengadakan webinar pendidikan pada Selasa (31/8). Tujuannya agar para guru bisa terus maju bersama membangun pendidikan bangsa. Webinar dengan tema “Mewujudkan Ekosistem Digital Pendidikan sebagai Upaya Nyata Akselerasi Peningkatan Literasi Digital Guru” merupakan bentuk dedikasi dari SahabatGuru bagi para guru di seluruh Indonesia, khususnya bagi para guru di Kabupaten Musi Rawas.  

Dalam acara webinar ini, Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Machmud secara langsung menyampaikan sambutan bagi para peserta webinar. Dalam sambutannya Ratna menyampaikan bahwa adanya pandemi Covid-19 mengharuskan para guru untuk melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran yang dilakukan secara daring menuntut para guru untuk cakap dan berkerja lebih keras agar dapat  melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien. “Pembelajaran secara daring juga merupakan suatu bentuk akselerasi dan transformasi pendidikan digital di Indonesia,” ungkapnya.

Tantangan baru yang banyak dikeluhkan para guru selama melakukan pembelajaran daring, salah satunya ialah mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat diterima oleh peserta didik. Dulu para guru dapat secara langsung berinteraksi dengan siswa, namun dalam kondisi seperti saat ini, guru harus menemukan formula baru agar bisa tetap menciptakan chemistry dengan siswa.

“Pembelajaran secara daring menjadi tantangan bagi pendidikan di Indonesia, bukan hanya masalah teknis yang menjadi keluhannya namun juga problematika mengenai bagaimana pembelajaran daring menyenangkan sehingga para murid mampu menyerap pembelajaran pada setiap pembelajaran daring yang dilaksanakan,” tutur Ratna.

Pemanfaatan aplikasi pendidikan merupakan salah satu solusi yang banyak digunakan para guru untuk menjadikan pembelajaran daring yang menyenangkan. Kelebihan lain dari pemanfaatan aplikasi digital learning  ialah, para guru bisa melakukan proses pembelajaran dimapun dan kapanpun. Untuk itu, webinar pendidikan kali ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan ilmu baru bagi para guru dalam memanfaatkan aplikasi pendidikan digital learning.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud sangat mengapresiasi kegiatan webinar pendidikan yang diselenggarakan oleh SahabatGuru. Ratna juga berpesan bagi para peserta webinar untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti webinar kali ini.

“Kepada para peserta saya ucapkan selamat mengikuti webinar pendidikan, semoga Bapak Ibu guru dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Musi Rawas untuk mewujudkan Musi Rawas mantap, maju, mandiri dan bermartabat,” pungkasnya.

Saksikan kelengkapan serangkaian acara webinar pendidikan ini hanya di kanal Youtube SahabatGuru, dan sampai jumpa di webinar-webinar pendidikan keren lainnya. 

INTAN ZUHROTUN