Bupati Pakpak Bharat: Walaupun Online Learning, Guru Harus Bisa Dekat dengan Siswa

Bupati Pakpak Bharat: Walaupun Online Learning, Guru Harus Bisa Dekat dengan Siswa
Bupati Pakpak Bharat Frans Bernhard Tumanggor [regina-sg]

SahabatGuru - Hari ini, Kamis (2/09), Sahabat Guru kembali lagi dengan webinar pendidikan dengan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara yaitu Pakpak Bharat.

Bupati Pakpak Bharat Frans Bernhard Tumanggor membuka webinar dengan paparan bertopik "Membentuk Sumber Daya Manusia Pakpak Bharat yang Memiliki Pola Pikir Berkembang agar Mampu Menyelenggarakan Pembelajaran yang Berkualitas di Era Digital Culture." Ia berharap masyarakat, khususnya para pendidik di kabupaten ini, bisa lebih aware dengan peningkatan dalam online learning saat ini. 

Seperti yang kita ketahui, pola pikir berkembang (growth mindset)  menjadi sebuah kunci untuk bisa terus berinovasi dalam pembelajaran. Namun tidak hanya itu, keterampilan menggunakan media digital untuk pendidikan juga bisa sebagai aspek penunjang bagi stakeholder dalam dunia pendidikan. 

"Guru adalah suatu panggilan bukan hanya sebagai profesi. Dengan kondisi saat ini sangat relevan dengan tantangan global untuk pendidik. Kita dituntut untuk bisa beradaptasi terutama dalam pendidikan. Maka dari itu, guru harus bisa lebih dekat dengan siswa walaupun dalam kondisi dan pembelajaran online," papar Frans. 

Maksud dari guru harus dekat dengan siswa karena itu akan turut memaknai sebuah pembelajaran baik dekat secara psikis atau fisik. Baik itu dalam memberikan pembelajaran maupun dalam mengatasi problem siswa. Stakeholder tentu sangat tertekan dan gelisah akan adanya culture shock yang terjadi tanpa adanya persiapan yang matang dalam menghadapi kondisi belajar saat ini.

Namun, sebagai garda terdepan, guru harus mampu bergerak secara cepat tanggap terhadap kemajuan teknologi.  Entah itu saat matahari terbit atau matahari terbenam, juga hari ini atau hari esok, semua teknologi akan terus berkembang secepat kilat dan akan ada terus hal baru. 

Memang bukan upaya yang mudah untuk bisa terus mengembangkan pembelajaran namun juga menjadi hal yang banyak memiliki tantangan tersendiri. Pola pikir untuk terus mengikuti transformasi digital sangatlah penting, pun dengan terus memegang prinsip pembelajaran yaitu bisa melahirkan peserta didik yang lebih unggul dan mencerdaskan anak bangsa seharusnya bisa membuat guru lebih sadar akan pentingnya kedekatan dan keintiman dengan peserta didik.

Teknologi digital juga akan membantu untuk meningkatkan kedekatan antara siswa dengan dilihat sekreatif apa guru dalam memanfaatkan teknologi.

Menjawab tantangan zaman itu, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat bertekad meningkatkan SDM, salah satunya pendidik, agar bisa lebih memahami dan cakap secara literasi, numerasi maupun karakter. Lewat webinar ini, Bupati Frans berharap adanya informasi bermanfaat terkait online learning sebagai tantangan global saat ini. 

Daerah kabupaten ini sebagian besar berada di pedalaman. Akses komunikasi menjadi kendala maka dibutuhkan inovasi dalam proses pembelajaran sehingga hasil dan capaian bisa maksimal. Pun, untuk mencapai hal tersebut, harus adanya sinergi antara semua pihak sekolah, orang tua, pendidik serta peserta didik.

REGINA MAHESWARI SANIPUTRI