Bupati Samosir Siap Berkolaborasi Bersama Mitra Apkasi

Bupati Samosir Siap Berkolaborasi Bersama Mitra Apkasi
Penyerahan cindera mata dari Staf Ahli Apkasi kepada Bupati Samosir
Bupati Samosir Siap Berkolaborasi Bersama Mitra Apkasi

SahabatGuru- Apkasi dalam kurun waktu lima tahun terakhir telah turun lebih dari 300 kabupaten di Indonesia. Misi yang diemban Apkasi sebagai organisasi pemerintah kabupaten yang bukan sekadar paguyuban para bupati, selalu berupaya memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah. Apkasi terus menunjukan eksistensi serta keberpihakan pada masyarakat terutama dalam bidang pendidikan maupun kesehatan.

Bersama Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Dr. Himmatul Hasanah, M.P telah menyapa ratusan kabupaten di Indonesia. Melalui banyak audiensi yang telah dilakukan beserta mitra Apkasi, Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN), keduanya terus berupaya memberikan sumbangsih bagi negeri dalam pemerataan kualitas sumber daya manusia.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Kepala BKD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala RSUD dan OPD terkait menerima audiensi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang dihadiri Staf Ahli Bidang Pendidikan dan Kesehatan Apkasi Dr. Himmatul Hasanah, M.P. beserta tim, bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Samosir, Selasa (06/7/21).

Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kesehatan menyampaikan laporan serta ulasan berbagai program yang dimiliki Apkasi. Dalam bidang pendidikan, Staf Ahli Apkasi berfokus dalam menyampaikan program ungulan dalam peningkatan mutu guru maupun ASN, program literasi serta tata kelola pendidikan dan pemerintahan yang seiring dengan program character building.

Dr. Himmatul Hasanah menyampaikan bahwa berbagai program yang diluncurkan Apkasi bersama mitra Apkasi bermula dari adanya rekomendasi serta kegelisahan dari daerah. Untuk itulah, Apkasi mencoba menjembatani serta menyampaikan aspirasi daerah.

“Berangkat dari rekomendasi daerah dimana komposisi guru PNS dan guru honorer terjadi ketimpangan. Apkasi terus berupaya menyampaikan aspirasi daerah tersebut, kemudian lahirlah media yang awalnya sebagai ruang advokasi para guru di daerah, yaitu SahabatGuru,” kata Staf Ahli Apkasi.

Sebagai bentuk dedikasi Apkasi bersama SahabatGuru dalam menghadapi transformasi digital di bidang pendidikan, keduanya mengajak Pemerintah Kabupaten Samosir untuk bersama-sama menyelenggarakan webinar pendidikan khusus bagi guru Samosir.

“Di bulan Juli atau Agustus akan dilaksanakan webinar pendidikan khusus bagi guru Samosir. Kami mohon pemkab untuk mengajak seluruh guru di Samosir agar dapat mengikuti program ini secara gratis,” jelas Dr. Himmatul Hasanah.

Dalam audiensi kedua Apkasi di Kabupaten Samosir, Bupati sangat menyambut baik audiensi tersebut. Vandiko menyampaikan bahwa berbagai program yang telah disampaikan Staf Ahli Apkasi dapat disinkronisasi dengan berbagai program daerah.

“Ini adalah kali kedua Apkasi ke Samosir, mengenai program Apkasi tersebut, bisa kita sinkronkan dengan program-program daerah,” kata Bupati Samosir dengan ikon pariwisata Danau Toba di akhir sambutan.

Audiensi ditutup dengan pemaparan singkat mengenai program unggulan Apkasi yaitu Joyful Learning yang disampaikan coach Aji Syafa dan Smart Mathematic yang dibawakan coach Tollaal Badru. Dua kolaborasi program andalan Apkasi tersebut telah menyapa di lebih dari 180 daerah di Indonesia, dan Samosir menjadi kabupaten selanjutnya.

AD