ESQ Kerjasama dengan PGRI untuk Meningkatkan Pembangunan Karakter Guru

PGRI menjalin kerjasama dengan ESQ pimpinan dengan tujuan untuk pembangunan karakter para pengurus PGRI dan anggotanya.  

ESQ Kerjasama dengan PGRI untuk Meningkatkan Pembangunan Karakter Guru
foto dok. esqnews.id

sahabatguru.com. Pengurus Besar Persatuan Guru republik Indonesia (PGRI)menjalin kerjasama dengan ESQ pimpinan Ary Ginanjar. Penandatangan kerjasama ini bertujuan untuk pembangunan karakter para pengurus PGRI dan anggotanya.  

“Air mata saya menetes sendiri, karena 25 tahun yang lalu profesi saya adalah guru dan bahkan ASN. Saya pernah menjadi dosen di Universitas Politeknik Udayana. Kemudian entah bagaimana saya bertemu dengan ketua umum PGRI, diminta untuk MoU. Sepertinya Allah menarik saya untuk mensupport profesi guru,” ungkap Ary Ginanjar dalam sambutannya. 

Ary menambahkan bahwa tantangan yang dihadapi para guru di era digital saat ini. Karena dihadapkan pada tantangan yang disebut dengan VUCA Era yaitu semua berubah dengan cepat (volatility), semua uncertainty (tidak ada kepastian), semua serba kompleks-complexity dan serba ambigu – ambiguity.

“Kemudian saat yang bersamaan, murid-murid tidak seperti dulu,” ujar Ary.
Untuk itu, lanjutnya, guru harus bisa menghadapi situasi di mana pendidikan itu selalu penuh kreativitas, inovasi dan kritis. Belum lagi guru dituntut untuk secara holistik mengajarkan ilmu pengetahuan dan mempertahankan guru tetap terdepan.

Kesepakatan kerjasama ini dilakukan Unifah Rosyidi, selaku Ketua Umum PB PGRI dan Ary Ginanjar Agustian selaku pimpinan ESQ Leadership Centre. “Pak Ary ini jagonya mengisi hati orang–orang seluruh Indonesia termasuk para guru, kita akan berkolaborasi bersama untuk mengisi hati kita supaya tetap hidup semangat penuh kasih sayang dan memajukan pendidikan di Indonesia. Serta mewujudkan Indonesia Emas 2045,“ kata Unifah.

Acara berlangsung di sela-sela Konferensi Kerja Nasional III Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) 2022 serta MOU antara ESQ Leadership Centre di Yogyakarta dan disiarkan melalui Youtube dengan mengusung tema 'Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'.

Dalam acara tersebut turut hadir Unifah Rosyidi, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (Ketum PB PGRI) bersama Ketua PGRI DIY, Bupati Sleman,  Sekjen serta seluruh jajaran, Pengurus PB PGRI, beberapa Rektor di Universitas, Kepala Dinas Pendidikan (Kabupaten, Kota atau Provinsi) di Yogyakarta, seluruh Ketua PGRI Se-Indonesia baik Provinsi, Kabupaten maupun Kota, dan lainnya. ***