Harapan Menkominfo Kepada Para Guru di Era Digital

Harapan Menkominfo Kepada Para Guru di Era Digital
Poster Webinar Pendidikan Sahabat Guru bersama Kabupaten Bengkulu Utara [sahabat guru]

SahabatGuru - Di era digital peranan seorang guru menjadi lebih komplek, di mana seorang guru tidak hanya diminta untuk mengajarkan sebuah materi pembelajaran namun juga menjadi seorang fasilitator bagi para muridnya. Oleh karena itu, guru harus mampu menjadi pribadi yang terus mengikuti perubahan zaman, mampu memainkan berbagai peran sebagai pembawa perubahan, memiliki kepekaan sosial untuk lingkungan sekitar, berpikir secara rasional dan tentunya juga sebagai konsultan pendidikan yang menjunjung tinggi nilai moral dan kejujuran.

Menyikapi hal tersebut, SahabatGuru ikut memberikan andil yang besar untuk membantu para guru menunaikan kewajibannya. Beragam inovasi telah dilakukan oleh SahabatGuru. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan guru secara gratis. Kondisi pandemi bukanlah tantangan yang mampu menghentikan langkah SahabatGuru untuk melatih para guru. Sejumlah Webinar Pendidikan telah sukses dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Bekerjasama dengan sejumlah Kabupaten di Indonesia, SahabatGuru kini bisa melanjutkan kiprahnya untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Seperti halnya pada Rabu (08/09) lalu, SahabatGuru sukses mengadakan Webinar pendidikan dengan Kabupaten Samosir. Kini (16/09) SahabatGuru kembali menggelar acara Webinar Pendidikan bersama dengan Kabupaten Bengkulu Utara. Sebagaimana yang tercantum dalam tema webinar, SahabatGuru akan senantiasa membantu mewujudkan guru yang cakap dalam bermedia digital, cakap dalam numerasi, dan pastinya berkarakter dalam mengahadapi tantangan global.

Serangkaian acara ini tidak hanya disambut baik oleh peserta webinar, namun juga mendapatkan apresiasi yang baik pula dari Menkominfo, Johnny G. Plate. Pada acara webinar pendidikan ini, Menkominfo kembali memberikan keynote speech kepada para peserta webinar. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa ada beberapa peran penting guru yang harus ditingkatkan.

“Dalam perspektif pendidikan peran guru dalam pembelajaran era digital menuntut keahlian untuk menerapkan solusi yang tepat untuk berbagai permasalahan dan adaptif terhadap perubahan lingkungan.” Tuturnya.  

Tak hanya itu, menurut Menkominfo ada pula peranan baru yang harus dimiliki dan harus diterapkan oleh para guru sebagai tenaga pendidik di era digital. Mengingat tingginya peranan guru dalam membawa perubahan dalam dunia pendidikan.

“Dalam era digital dibutuhkan guru yang mampu mengikuti perkembangan zaman, dapat memainkan berbagai peran sebagai pembawa perubahan, sekaligus konsultan pembelajaran yang memiliki rasa kemanusiaan dan moral yang tinggi, sensitifitas sosial, dan juga berpikiran rasional serta jujur, sehingga mampu berkerja di lingkungan pendidikan yang dinamis” tambahnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Sahabat guru mendatangkan dua pakar pendidikan untuk memberikan wawasan baru bagi para guru khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara. Dua pakar pendidikan yang dimaksudkan ialah Dr. Suyoto, M.Si., dan Ahmad Baidowi AR. Dalam kesempatan kali ini, sebuah topik menarik kembali diperbincangkan. Adapaun topik yang diangkat dalam webinar kali ini ialah “Pergeseran Paradigma Guru Menghadapi Tantangan Transformasi Digital di Bidang Pendidikan”.

Terus nantikan webinar pendidikan yang diselenggarakan oleh SahabatGuru untuk menambah wawasan anda. Tentunya hanya di kanal Youtube SahabatGuru, dan temukan informasi penting seputar dunia pendidikan di Instagram dan Facebook @sahabatgurudotcom.

Salam inspirasi Indonesia maju!