Siap-Siap Asesmen Nasional, Simak Jadwal dan Tanggalnya!

Siap-Siap Asesmen Nasional, Simak Jadwal dan Tanggalnya!
Ilustrasi Asesmen Nasional [Ditsmp.Kemdikbud]

SahabatGuru - Dalam pelaksanaan asesmen nasional (AN) nantinya akan ada helpdesk tim teknis yang berjenjang mulai dari tingkat II, tingkat I sampai di pusat, serta posko AN yang disiapkan untuk mempermudah masyarakat melaksanakan AN.  

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi Anindito Aditomo mengatakan, pelaksanaan AN memerlukan kolaborasi menyeluruh baik dengan pemda maupun satuan pendidikan. 

Selain melakukan sosialisasi sampai ke tingkat daerah, Kemendikbudristek juga bertugas menyiapkan instrumen, sistem pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, analisis serta pelaporan hasil.  

Selanjutnya, hasil Asesmen Nasional akan disampaikan melalui platform yang saat ini tengah dirancang Kemendikbudristek dan diberi nama platform Rapor Pendidikan. Wadah ini akan memudahkan kepala sekolah dan Dinas Pendidikan untuk memahami dan mencerna hasil AN serta berbagai data lainnya.  

“Sekali lagi nanti di rapor itu tidak ada skor murid, skor guru maupun kepala sekolah secara individu karena tujuannya mendorong refleksi dan evaluasi diri,” terang Anindito dalam diskusi webinar membahas AN, Ahad (5/9). 

Anindito menyebut skor sekolah hanya bisa dilihat oleh sekolahnya masing-masing dan Dinas Pendidikan yang menaunginya. Begitu juga kepala sekolah lain tidak bisa melihat skor sekolah lain. Hal ini bisa menghindari ranking dan pelabelan negatif bagi sekolah.  

“Kami sangat menyadari keberhasilan AN untuk memantik perubahan itu tergantung pada cara mengkomunikasikan hasilnya juga," ucapnya.  

Rencananya, Kemendikbudristek akan menggelar AN bulan ini. Dimulai dengan jadwal AN siswa SMK, MAK, Paket C, dan sederajat pada 20 sampai 23 September 2021. Siswa SMA, MA, dan sederajat dimulai 27 sampai 30 September 2021.

Kemudian siswa SMP, MTs, paket B, dan sederajat dimulai 4 sampai 7 Oktober 2021. Siswa SD, MI, paket A, dan sederajat gelombang I dimulai 8 sampai 11 November 2021. Siswa SD, MI, paket A, dan sederajat gelombang II dimulai 15 sampai 18 November 2021.

ROBI