Kemendikbudristek Menambah Kuota Beasiswa Pendidikan Indonesia 

Kuota penerima beasiswa pendidikan bertambah lagi. Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebutkan penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2022 menjadi 3.775 penerima. 

Kemendikbudristek Menambah  Kuota Beasiswa Pendidikan Indonesia 

sahabatguru.com. Kuota penerima beasiswa pendidikan bertambah lagi. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebutkan penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2022 menjadi 3.775 penerima. 

"Tahun lalu Kemendikbudristek melalui Pusat Layanan Pendidikan telah memberikan beasiswa kepada 2.179 insan pendidikan. Tahun ini kami akan meningkatkan jumlah tersebut, mencapai 3.755," kata Nadiem dalam sosialisasi Beasiswa Indonesia Maju.

Selain itu Nadiem berjanji di tahun-tahun mendatang akan terus menambah target penerima beasiswa. Bahkan dirinya juga bakal memastikan ketersediaan dana untuk menjalankan program ini. "Saya ajak semua pelajar dan pendidik dan pelaku budaya memanfaatkan kesempatan emas ini," kata dia.

Disebutkan oleh Nadiem melalui beasiswa ini menunjukkan Merdeka Belajar bukan hanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tapi, juga mendorong lebih banyak masyarakat mendapat kesempatan berkuliah di kampus kelas dunia.

Sementara itu Sekjen Kemendikbudristek Suharti menuturkan BPI memberikan kesempatan anak-anak Indonesia mengembangkan diri dan membangun bangsa. Ia berharap anak-anak Indonesia mampu menjawab tantangan ke depan.

"Saat ini Indonesia ada dalam fase bonus demografi di mana usia produktif lebih besar dari usia tidak produktif. Tapi, apa artinya usia produktif yang banyak jika tidak produktif. Untuk itu, kita perlu meningkatkan produktivitas yang tinggi melalui kualitas pendidikan yang lebih baik melalui program ini," kata Suharti seperti dilansir dari laman m.medcom.id.

Sekedar informasi bahwa beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan Perluasan Program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diinisiasi bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Saat ini Melansir laman BPI memberikan kesempatan bagi WNI untuk menempuh pendidikan S1, S2, dan S3 di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Adapun cakupan beasiswa ini meliputi dana pendidikan dan biaya pendukung lainnya, seperti dana transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, serta tunjangan keluarga.***