Kolaborasi UMSU-Adiluhung Menuju World Class University

Kolaborasi UMSU-Adiluhung Menuju World Class University
Pembukaan Training English Cepat bagi Dosen UMSU

SahabatGuru- Menjadi lembaga pendidikan yang diakui dunia tentu saja sebuah daya tarik tersendiri bagi universitas. Beberapa kampus baik negeri maupun swasta terus berupaya menjadi universitas kelas dunia atau world class university (WCU). Di era globalisasi seperti saat ini, kampus-kampus terus bersaing terutama dalam menghasilkan lulusan yang juga mampu bersaing dengan negara maju di dunia internasional. Bahasa menjadi jembatan penghubung kompetisi maupun kolaborasi antar keduanya.

Selaras dengan program menuju universitas kelas dunia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berkolaborasi bersama Adiluhung menggelar pelatihan English Cepat bagi 50 dosen yang ada di UMSU. Sebelumnya, program ini telah diikuti pula oleh Bupati Batu Bara dan OPD terkait yang berlangsung pada tanggal 1-3 Juli 2021. Pelaksanaan English Cepat bagi dosen ini tentu tidak terlepas dari peran besar Rektor UMSU Prof . Dr. Agussani, M.AP. dalam mengantarkan UMSU menjadi salah satu universitas yang diperhitungkan di Indonesia maupun luar negeri.

Dalam sambutan yang diberikan di auditorium UMSU (5/7), Rektor menyampaikan bahwa sebuah kewajiban bagi dosen untuk terus meningkatkan kualitas dan mampu bersaing dalam lingkup nasional maupun internasional. Prof . Dr. Agussani berharap pelatihan yang berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 5-7 Juli dapat membuka cakrawala para dosen untuk berkolaborasi dalam berbagai riset maupun international conference.

“Jika Baru Bara ke depan akan menjadi daerah industri maka tidak bisa ditawar bahwa hubungan internasional dengan industri luar negeri membutuhkan kesiapan. Namun, bagi universitas hal ini adalah sebuah kewajiban. Untuk itu, kami berharap training ini dapat diikuti dengan baik oleh para dosen. Kami ingin dosen dapat meningkatkan kualitas dan mampu bersaing di level nasional maupun internasional. Hal ini dapat membuka cakrawala dengan riset bersama dengan dosen luar negeri dan international conference lainnya,” jelas Rektor UMSU.

Hal inilah yang menjadi perhatian Apkasi seperti disampaikan oleh Ir. Zahir, M.AP. Bupati Batu Bara sekaligus Ketua Apkasi Bidang Pendidikan yang tergabung melalui Zoom, bahwa sebagai mitra strategis pemerintah maupun lembaga lainnya, Apkasi terus memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah, terutama dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

“Apkasi di bidang pendidikan selalu melakukan hal positif, terutama melalui Bahasa Inggris dari Adiluhung yang merupakan mitra kerja Apkasi di bidang pendidikan. Kami berupaya membantu pemerintah dalam membangun kualitas SDM yang merata,” kata Bupati Batu Bara sekaligus alumni UMSU.

Rektor UMSU di akhir sambutan menyampaikan harapan kepada para peserta pelatihan untuk dapat menularkan ilmu yang didapatkan selama pelatihan kepada dosen lainnya. Selain itu, akan diadakannya program lanjutan English Day bagi para dosen.

“Paska pelatihan akan diberlakukan English Day bagi para dosen. Harus ada keberanian untuk memulainya,” jelas Rektor UMSU.

Pelatihan ini merupakan bentuk kolaborasi serta kepedulian pemerintah daerah terhadap perguruan tinggi. Hal ini perlu terus beriringan untuk kemajuan daerah serta kelancaran proses pemerintahan. Tidak hanya UMSU, namun disusul berbagai universitas lain di Indonesia.

AD