Kondisi COVID-19 Perlahan Membaik, SahabatGuru Konsisten Menyelenggarakan Webinar Pendidikan

Kondisi COVID-19 Perlahan Membaik, SahabatGuru Konsisten Menyelenggarakan Webinar Pendidikan
Webinar Pendidikan SahabatGuru Bersama Kabupaten Pakpak Bharat.

SahabatGuru - Kondisi wabah covid-19 Indonesia mulai sedikit mereda seiring memasuki September 2021. Satu per satu wilayah mulai menunjukkan kemajuan positif, baik berupa penurunan angka penularan maupun perubahan warna zona dari yang semula merah menjadi kuning atau hijau. Berita progres perbaikan kondisi covid-19 tersebut harus terus dipantau oleh tenaga pendidik (tendik) guna terus mendetakkan jantung pendidikan bagi seluruh anak bangsa di Indonesia.

SahabatGuru sangat paham terhadap kebutuhan aktual yang dimiliki tendik di berbagai penjuru nusantara. Kompetensi merupakan salah satu hak asasi inti yang wajib terpenuhi bagi para tendik agar mampu memberikan pelayanan yang maksimal bagi anak-anak didiknya. Tuntutan social distancing dan dinamika era digital tentu makin memperkuat urgensi sekaligus spirit SahabatGuru untuk berkontribusi memberikan beragam kompetensi aktual yang dibutuhkan oleh tendik dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Terdapat tiga kompetensi seputar pendidikan digital yang SahabatGuru jadikan materi utama untuk diberikan kepada para gadik di seluruh Indonesia. Kompetensi-kompetensi tersebut antara lain adalah kecakapan media digital, kecakapan numerasi, dan berkarakter menghadapi tantangan global. Penyampaian kompetensi terus dilakukan dalam kondisi pandemi, melalui rangkaian webinar pendidikan yang diselenggarakan atas kerjasama dari berbagai pihak (seperti APKASI, Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara, Kominfo Indonesia, dan berbagai pemerintah daerah di tingkat kabupaten).

Kabupaten Pakpak Bharat menjadi salah satu pihak yang menjalin kerjasama dengan SahabatGuru pada awal bulan ini. Kolaborasi tersebut diwujudkan melalui webinar pendidikan bagi para tendik atau guru Pakpak Bharat dengan tajuk "Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global". Webinar tersebut terselenggara dengan melibatkan ribuan guru yang ada di Pakpak Bharat.

Webinar pendidikan oleh SahabatGuru bersama Kabupaten Pakpak Bharat mendatangkan lima pembicara tingkat nasional yang mumpuni pada bidangnya. Keynote speech dilakukan oleh Johnny G. Plate, Menteri Kominfo Republik Indonesia. Sesi webinar berlanjut pada dua opening speech, masing-masing dari H. Arif Sugiyanto, S.H. selaku Wakil Bendahara Umum APKASI sekaligus Bupati Kebumen, dan Frans Bernhard Tumanggor selaku Bupati Pakpak Bharat. Materi inti disampaikan melalui invited speech dari dua pembicara, berturut-turut yakni Dr. Suyoto, M.Si dan Ir. Drs. Djohan Yoga, M.Sc., MoT, Ph.D.