Curhatan Mas Menteri Urus Pendidikan di Masa Pandemi

Curhatan Mas Menteri Urus Pendidikan di Masa Pandemi
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim | Foto: Net

SahabatGuru - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengaku bahwa menjadi seorang Menteri Pendidikan pada saat pandemi Covid-19 merupakan tantangan terbesar yang pernah dia hadapi. 

"Pastinya ini merupakan tantangan terbesar dalam hidup saya, itu sudah jelas. Untuk semua pemerintahan di dunia pasti ini tantangan terbesar di hidup mereka," kata Nadiem dalam webinar Kemendikbudristek, Rabu (14/7). Dia pun mengibaratkan dunia pendidikan sekarang bagai peperangan.  

Kendati berat, tapi dalam peperangan menghadapi pandemi Covid-19 selama ini, Nadiem mengaku masa depan para generasi penerus bangsa menjadi prioritasnya. Masa depan generasi muda merupakan harga mati yang tak bisa ditawar. Menghadapi pandemi adalah dengan mengerjakan apapun yang bisa dirinya kerjakan. Karena itu pandemi bukan alasan untuk mandek dalam melakukan terobosan.

"Jadi saya filsafatnya lihat ke depan aja. Lakukan yang terbaik. tapi kita enggak boleh, sama seperti enggak boleh kendor 3M, kita juga enggak boleh kendor, cuma gegara pandemi kita enggak berani lakukan gebrakan," ucap Nadiem Makarim. 

ROB