Program Beasiswa untuk Guru SD dan PAUD di Australia, Daftar Yuk !

Kabar gembira untuk para guru PAUD maupun SD, Kemendikbudristek membuka beasiswa Midi Monash University, Australia

Program Beasiswa untuk Guru SD dan PAUD di Australia, Daftar Yuk !
Foto dok. scholarships4all.info

sahabatguru.com. Kabar gembira untuk para guru PAUD maupun SD. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka beasiswa Microcredential Non Gelar Numeracy Professional Learning Program, di Monash University, Australia yang  dikhususkan bagi guru PAUD dan SD di Indonesia.


 Adapun pendaftaran program ini yang didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini telah dibuka mulai 21 Maret hingga 30 April 2022. Pendaftaran melalui laman https://ringkas.kemdikbud.go.id/beasiswanumerasi.

Pelaksanaan program ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama, pembekalan selama satu hari berupa pengenalan dasar mengenai numerasi, Perdirjen Kerangka Kompetensi Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi, Penelitian Tindakan Kelas.
Selanjutnya, diadakan training numerasi selama lima hari bagi guru PAUD dan SD dari pakar Numeracy Professional Learning Program, Monash University.

Berikut persyaratan program beasiswa:
A. Persyaratan Umum

  1. Warga negara Indonesia
  2. Tidak sedang atau akan menerima beasiswa bergelar atau pun non gelar yang didanai baik oleh
  3. APBN/APBD maupun LPDP
  4. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  5. Sudah mengajar/membimbing/bertugas paling sedikit dua tahun berturut-turut di satuan pendidikan PAUD dan SD
  6. Sekurang-kurangnya memiliki kualifikasi akademik studi program strata satu (S1/DIV)
  7. Memiliki kemampuan penggunaan TIK
  8. Memiliki jaringan internet yang memadai
  9. Melampirkan Surat Rekomendasi dari atasan


B. Persyaratan Khusus

  1. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar 50 tahun per 31 Desember 2022
  2. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) jenjang sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau dilegalisir dan diunggah pada aplikasi pendaftaran
  3. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic, atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan sebagai berikut: Skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 500/iBT TOEFL 60/IELTS 6.0/PTE Academic 50; Sertifikat TOEFL ITP harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia
  4. Mengunggah surat izin mendaftar beasiswa dan mengikuti pendidikan dan pelatihan dari: dinas pendidikan bagi yang berstatus PNS; atau ketua yayasan bagi yang berstatus pegawai tetap yayasan
  5. Mengunggah SK Penetapan PNS atau SK pegawai tetap dari Ketua Yayasan
  6. Menandatangani surat pernyataan/kesanggupan melaksanakan studi.

Untuk informasi lebih lengkap dan unduh berkas guru dapat mengunjungi laman berikut https://ringkas.kemdikbud.go.id/suratdanlampiran.