Program Inovatif Apkasi Gayung Bersambut dengan Program Konawe Selatan

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara memiliki program unggulan di bidang pendidikan yang dikemas dengan menggunakan metode kreatif dan inovatif.

Program Inovatif Apkasi Gayung Bersambut dengan Program Konawe Selatan
Audiensi Apkasi dengan Pemkab Konawe Selatan. (SG)

SahabatGuru- Dewan Pembina APKASI, Sokhiatulo Laoli, bersama Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan, Himmatul Hasanah, mewakili Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama mitra Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) melakukan kolaborasi dalam mensukseskan pendidikan di Indonesia melalui program unggulan yang disampaikan pada audiensi yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan, Senin (6/6).

Bertempat di Rumah Dinas Bupati, audiensi Program Unggulan APKASI ini dengan diterima langsung oleh Bupati Konawe Selatan serta Plh. Sekretaris Daerah, Asisten Bupati, dan para jajaran kepala OPD lingkup pemerintahan Kabupaten Konawe Selatan.

Mantan Dewan Pengurus APKASI yang selama 8 tahun telah membersamai kiprah APKASI menyampaikan gambaran program unggulan APKASI dalam bidang pendidikan antara lain Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM daerah. Laoli berharap pemerintah Kabupaten Konawe Selatan dapat terus aktif dalam organisasi APKASI serta dapat berbagi dan bertukar informasi untuk kemajuan daerah.

Berbagai fokus bidang yang dimiliki APKASI, salah satunya yaitu Bidang Pendidikan yang diketuai oleh Bupati Batu Bara, Ir. Zahir, MAP memiliki program yang dapat disinergikan dengan daerah. Melalui Staf Ahli APKASI, Himmatul menyampaikan bahwa APKASI memiliki program unggulan baik dalam bidang pendidikan yang telah menyapa daerah lebih dari lima tahun terakhir ini. Berbagai program pelatihan tersebut telah dilaksanakan lebih dari 180.000 guru di lebih dari 200 daerah di Indonesia.

“Program unggulan APKASI pada bidang pendidikan berfokus pada program peningkatan kapasitas SDM guru juga OPD. Untuk peningkatan kapasitas SDM guru yaitu melalui program Smart Mathematic, Joyful Learning serta Bahasa Inggris Cepat, sedangkan program yang diperuntukan OPD yaitu Bahasa Inggris Cepat,” ungkap Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan.

Dalam audiensi Bupati Konawe Selatan menyambut baik rencana kerjasama program peningkatan kualitas SDM khususnya di bidang pendidikan. Bupati menyampaikan bahwa program yang disampaikan Apkasi gayung bersambut dengan program pemerintah Kabupaten Konawe Selatan yang berfokus pada peningkatan SDM daerah.

“Program unggulan Apkasi ini sangat relevan dengan program daerah yang berfokus pada peningkatan SDM daerah,” terangnya.

Bupati menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan untuk menyelenggarakan program pendidikan tersebut dan para OPD lainnya untuk bisa menyelenggaran program inovatif Apkasi.

“Salah satu dana yang bisa dipakai untuk penyelenggaraan program yaitu dengan menggunakan dana bos bagi para kepala sekolah dan guru. Kemudian untuk para OPD bisa menggunakan dana pelatihan di masing2 satuan kerja,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan menyambut baik program ini. Pihaknya berencana akan segera berkoordinasi serta akan melaksanakan program pada Agustus 2022. Program Bahasa Inggris Cepat akan diperuntukan bagi para Kepala Sekolah, sedangkan program matematika smart, akan diperuntukan bagi para guru.

Dengan adanya program ini diyakini akan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Konawe Selatan.

AD