Kolaborasi Kominfo-Pemkab Dairi Mewujudkan Pendidik Yang Cakap Digital

Kolaborasi Kominfo-Pemkab Dairi Mewujudkan Pendidik Yang Cakap Digital
Poster Webinar Pendidikan Kominfo-Pemkab Dairi-SahabatGuru [sahabatguru]

BAGAIMANA agar proses pembelajaran dengan peserta ddik tidak monoton dan membosankan di saat pembelajaran terbatas ruang dan lebih mengutamakan pembelajaran jarak jauh (PJJ)? Jawabannya ada di kegiatan hari ini (Kamis, 19/08) yang dilaksanakan oleh SahabatGuru berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten Dairi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memberikan support kepada para pendidik agar lebih bisa kreatif dalam menciptakan media pembelajaran selama sekolah daring.

Webinar pendidikan bertujuan agar pendidik bisa memiliki kompetensi yang lebih baik untuk survive di zaman digital saat ini. Tema yang diangkat yaitu “Mewujudkan Guru Kabupaten Dairi Yang Cakap Menggunakan Media untuk Pembelajaran Jarak Jauh Menuju Transformasi Digital Pendidikan Indonesia.” Hal tersebut memang penting untuk bisa mencapai pembelajaran yang efektif juga bisa menunjang siswa dalam proses belajar.

“Literasi digital tidak hanya sekadar menuntut penguasaan teknologi digital, namun mampu bermedia digital dengan sikap yang bertanggung jawab dan demi menciptakan kecakapan digital dari guru, khususnya di Kabupaten Dairi,” ungkap Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Asosialsi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia Ir. H. Zahir, M.AP.  dalam sambutannya.

Teknologi digital sudah tak asing lagi di telinga dan para guru berlomba-lomba untuk membuat konten dalam berbagai macam materi agar pembelajaran semakin menarik. Agar bisa menerapkan media yang tidak hanya ala kadarnya saja, maka dengan webinar ini bisa dimafaatkan oleh pendidik untuk bisa memiliki pemahaman yang lebih luas tentang teknologi tersebut mulai dari menganalisis juga evaluasi pada saat perkembangan penunjang pembelajaran. Kegiatan ini juga diharapkan bisa memberikan dampak yang baik bagi pengembangan mutu pendidikan, khususnya di Kabupaten Dairi dan stakeholder yang terjun dalam ranah ini.

Proses pembelajaran harus menyenangkan, penuh inspirasi dan motivasi dengan cara menerapkan media digital yang menjadi kebutuhan penting untuk bisa melihat hasil capaian peserta didik. Webinar ini juga akan menghadirkan pembicara yang sangat luar biasa, yaitu Ir. Daisy Radnawati, M. Si, Dosen Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Jakarta dan Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D, Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta bidang pembelajaran teknologi. Kedua pakar ini membahas lebih lanjut tentang media pembelajaran, literasi digital dan media digital yang bisa dikembangkan untuk para pendidik.

SahabatGuru selalu siap untuk menginspirasi pendidikan Indonesia, salah satunya lewat program literasi digital bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika agar bisa meningkatkan mutu guru di seluruh daerah dalam menghadapi tantangan dan persaingan di era global ini. Mari sebarkan cinta untuk pendidikan Indonesia yang lebih maju!

Sampai jumpa di webinar selanjutnya yang tidak kalah menarik!

REGINA MAHESWARI SANIPUTRI