Self Development 4.0

Pengembangan diri dan peningkatan kesadaran diri (self awareness) sangat penting dalam pendidikan nasional. Pengembangan diri menyangkut bakat, kemampuan keterampilan serta kualitas hidup untuk menjadi lebih baik. Mengenal diri sendiri dengan baik, mencari tahu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, menerima segala apapun kelebihan dan kekurangan, dan mencari tahu untuk mengatasi kekurangan tersebut. Semua dimulai dari diri sendiri.

Self Development 4.0
Ilustrasi sikap optimis [alpas]

PROFESOR Suyanto, P.hd menekankan tentang pentingnya aspek pengembangan diri dan peningkatan kesadaran diri (self awareness) dalam pendidikan nasional. Pengembangan diri ini menyangkut bakat, kemampuan keterampilan serta kualitas hidup untuk menjadi lebih baik. Self development bisa dilakukan oleh bantuan profesional seperti coach, mentor, konsultan, manager, pembimbing atau siapapun yang kita anggap ahli dalam bidang tersebut.

Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta itu memaparkan hal tersebut dalam karya internasionalnya yang berjudul Enriching Future Generation: Education Promoting Indonesian Self-Development (Yogyakarta; UNY dan Yale University, 27 Juni 2011). Suyanto sekarang menjadi Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan serta Anggota Badan Pembinaan Harian Universitas Ahmad Dahlan.

Berikut poin-poin penting paparan Suyanto: 

Apa yang dimaksud self development?

Self development atau pengembangan diri merupakan hal yang menjadi tanggung jawab untuk diri sendiri. Hanya diri sendirilah yang bertanggung jawab untuk pengembangan diri dan peningkatan kualitas diri sendiri. Hal ini merupakan sangat penting di dalam kehidupan kita yang harus dilakukan semua orang, tidak mengenal usia, gender, tingkat pendidikan, dan apapun keadaan lainnya.

Bagaimana cara mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri sendiri?

1. Mengenal diri sendiri.

Hal yang paling utama untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri yaitu mengenal diri sendiri dengan baik. Mencari tahu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, menerima segala apapun kelebihan dan kekurangan, dan mencari tahu untuk mengatasi kekurangan tersebut. Cobalah hal-hal yang baru setiap hari nya, dengan mencoba hal-hal baru kita dapat mengetahui minat kita, kelebihan serta tau cara mengatasi kekurangan yang dimiliki.

Dengan mengenal diri dan sayang terhadap diri sendiri, kita bisa menjadi pribadi yang mempunyai karakter kuat dan baik. Karena, kita memiliki ciri khas untuk ditunjukan kepada orang lain. Mempunyai karakter kuat dan baik akan menjadikan hidup tidak hanya produktif, tetapi bermakna.

2. Mengenal tujuan hidup dengan pasti.

Semua orang pasti pernah merasakan dan berpikir “untuk apa hidup di dunia?”

Pemikiran seperti ini tidak mengenal usia, dan gender. Bahkan, seorang lansia bisa saja tidak mengetahui tujuan hidupnya. Mencari tahu apa yang ingin kita raih menjadi kewajiban untuk setiap orang. Menentukan dan mengenal tujuan hidup akan membuat hidup lebih terarah dan dapat mengambil keputusan dengan cepat demi mencapai tujuannya.

3. Menjaga kesehatan fisik dan psikis.

Olahraga teratur dapat mengurangi stres dan meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan hal atau hobi yang disukai untuk menghibur diri sendiri. Bisa juga dengan berkumpul, berdiskusi dengan keluarga serta sahabat untuk bertukar cerita, serta tertawa bersama.

Selalu mensyukuri untuk pencapaian yang telah diraih diri sendiri sangat penting sekali untuk kesehatan psikis. Mensyukuri hal-hal kecil seperti masih bisa bernapas, bertemu orang-orang tersayang bisa membuat rileks pikiran. Dan jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena akan timbul rasa tidak percaya diri, dan susah fokus untuk mencapai hal yang diinginkan.

 FAIRUZ ZAHIRA