Tingkatkan Partisipasi Siswa di Kelas Online Melalui 5 Strategi Ini!

Saat pembelajaran dilakukan di kelas secara langsung ada siswa yang selalu terlibat aktif mengangkat tangan untuk berpartisipasi dalam pembelajaran dan ada pula siswa yang ragu untuk terlibat dalam partisipasi baik itu sekadar untuk mengangkat tangan atau memberi tanggapan.

Tingkatkan Partisipasi Siswa di Kelas Online Melalui 5 Strategi Ini!
Pembelajaran online (sumber: liputan6.com)

Beberapa siswa cenderung berpikir dan ragu-ragu untuk berkontribusi dalam topik pembelajaran. Mereka cenderung sulit untuk terlibat dalam diskusi yang melibatkan suara mereka di publik. Atas hal tersebut, pembelajaran yang dilakukan secara langsung di kelas saja memiliki hambatan pada keterlibatan siswa, lalu bagaimana dengan pembelajaran yang dilakukan melalui platform digital? 

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran yang dilakukan melalui platform digital dapat menciptakan lebih banyak hambatan dalam komunikasi antara siswa dan guru. Siswa akan mengalami kesulitan untuk mengetahui kapan mereka harus berbicara atau tidak. Selain itu, siswa juga akan kesulitan dalam membaca bahasa tubuh dan ekspresi wajah karena tidak dapat dilihat secara langsung hal tersebut membuat siswa menjadi takut untuk bereaksi atas suatu topik yang dibicarakan.

Tak dapat dipungkiri membuat siswa berkontribusi di ruang kelas virtual memang membutuhkan kerja keras dan strategi tertentu. Berikut adalah strategi pembelajaran online yang aktif dan efektif 

1. Memberi Pembelajaran Berbasis Projek 
Kegiatan pembelajaran berbasis projek akan memberi siswa lebih banyak keleluasaan atas tugas mereka. Hal tersebut secara alami mendorong diskusi yang lebih banyak. Dalam pembelajaran online, jika guru memberi siswa kebebasan sebanyak mungkin untuk bereksperimen, meneliti, dan mengejar minat dalam suatau topik tertentu, maka siswa pasti memiliki lebih banyak hal untuk didiskusikan. Hal tersebut dapat mendukung kemampuan berkomunikasi pada siswa. 

2. Membangun Rasa Nyaman Saat Pembelajaran
Tunjukkan antusiasme dan kegembiraan saat mengajar untuk mengurangi rasa takut, dan kecemasan siswa. Dengan adanya antusiasme dapat membentuk suasana positif dalam pembelajaran. Selain itu siswa juga akan merasa nyaman sehingga tidak takut berekspresi dan merespon guru selama pembelajaran berlangsung. 

3. Membuat Forum Diskusi
Forum diskusi dapat menjadi sarana untuk membuat siswa menghargai rekan mereka karena dengan adanya forum diskusi, antara siswa satu dengan yang lain dapat saling membantu memunculkan ide-ide baru yang dapat membangun hubungan baik antar siswa. Dalam pembelajaran forum diskusi, siswa diberi petunjuk dan dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian ditempatkan ke dalam suatu ruang kerja untuk mendiskusikan dan mencatat jawaban mereka bersama. Hal tersebut memungkinkan siswa untuk berbagi pemikiran mereka secara tertulis untuk kemudian dipresentasikan. 

4. Memeriksa Pemahaman Siswa Melalui Lisan 
Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, guru dapat menggunakan obrolan video saat berinteraksi dengan masing-masing siswa. Mengetahui tingkat pemahaman siswa melalui obrolan video dapat meningkatkan skill berkomunikasi siswa, selain itu siswa akan antusias untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu memahami materi. 

5. Usahakan Siswa Agar Memberi Umpan Balik Secara Teratur 
Umpan balik pembelajaran berfungsi untuk mengetahui seberapa paham siswa akan materi yang telah disampaikan. Memberi umpan balik ini juga dapat melatih siswa agar terbiasa untuk berkomunikasi dalam pembelajaran. Setelah pembelajaran usai, usahakan agar siswa memberi kesimpulan dan saran atas pembelajaran yang telah berlangsung. Hal ini dapat dilakukan dengan menunjuk beberapa siswa yang berbeda-beda pada setiap pertemuan untuk menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah berlangsung.   

Beberapa strategi tersebut dapat menjadi solusi guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif dan efektif bagi siswa. Pada dasarnya, pembelajaran online adalah metode pembelajaran yang relatif baru, sehingga tidak ada satu cara yang pasti untuk dapat mempraktikkannya. Maka, guru perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk membuat rencana metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa agar dapat mendukung siswa agar tetap aktif dalam pembelajaran. 

AULIA

Referensi :
Prakash, V. 2019. “8 Ways To Enhance The Learning Process In Online Education”, (Online) https://elearningindustry.com/learning-process-in-online-education-8-ways-enhance, diakses pada 08 Des 2021
Minero, E. 2020. “8 Strategies to Improve Participation in Your Virtual Classroom”, (Online) https://www.edutopia.org/article/8-strategies-improve-participation-your-virtual-classroom, diakses pada 08 Des 2021