Webinar Pentingnya Guru Menguasai Pembelajaran Digital

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Drs. Fadholi, M.I.Kom selaku anggota komisi 9 DPR RI. Beliau sangat mendukung kegiatan webinar pendidikan seperti ini untuk dijadikan sebagai pembelajaran dan pembekalan untuk guru.

Webinar Pentingnya Guru Menguasai Pembelajaran Digital
Webinar Pendidikan Kabupaten Kendal.

SahabatGuru - Kementerian Kominfo RI bekerjasama dengan Apkasi , Pemkab Kendal dan SahabatGuru mengadakan webinar pendidikan dengan membawakan tema “Pentingnya Penguasaan Kompetensi Abad 21 Melalui Pembelajaran Modern Di Era Digital” pada Sabtu (27/11).

Acara ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom dan disiarkan melalui kanal YouTube SahabatGuru. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh ratusan guru dari Kabupaten Kendal dan juga dihadiri oleh Drs. Fadholi, M.I.Kom selaku Anggota Komisi 9 DPR RI, serta Dico Mahtado Ganinduto, B.Sc selaku Bupati Kabupaten Kendal.

Materi pada webinar kali ini membahas tentang kecakapan digital, keamanan digital, etika digital dan budaya digital. Setiap materi yang akan disampaikan nantinya akan disampaikan oleh ahlinya, seperti, Eko Yuliyanto, S.Pd.Si.,M.Pd., Dosen dari Universitas Muhammadyah Semarang, Yogo Dwi Prasetyo, S.Pd., M.Pd., M.Sc., selaku Dosen Pendidikan Kimia FMIPA UII, Hilda Rachmawati, S.P., MM., Manager Departement Program XinWen MetroTV, dan Andi Suryawan, S.Si., Trainer Matematika Nasional.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Drs. Fadholi, M.I.Kom selaku anggota komisi 9 DPR RI. Beliau sangat mendukung kegiatan webinar pendidikan seperti ini untuk dijadikan sebagai pembelajaran dan pembekalan oleh guru itu sendiri.

Eko Yuliyanto, S.Pd.Si.,M.Pd, selaku pembawa materi yang pertama tentang kecakapan digital menyampaikan bahwa ada beberapa kecakapan yang ingin dijadikan prioritas di abad 21, salah satunya adalah literasi TIK, yang nantinya mau tidak mau akan menjadi kebutuhan pokok untuk saat ini untuk guru, dan juga anak didiknya. Selain itu guru juga dituntut harus bisa menghadapi tantangan saat mengajar secara daring dan juga mengatasi masalah yang muncul saat mengajar daring.

Materi selanjutnya yang disampaikan oleh Hilda Rachmawati, S.P., MM. Mengenai etika digital. Beliau menyampaikan bahwa poros komunikasi tidak hanya tertuju pada satu orang, namun bisa berasal dari internal dan eksternal. Tetapi sekarang terjadi komunikasi  yang sifatnya interaksi, penerima pesan dapat menentukan kapan, dimana, dan bagaimana cara menyebarkan informasi yang dimilikinya.

Selain itu Hilda juga mengatakan bahwa nilai-nilai sosial telah berubah berkaitan dengan informasi, transparansi, kerahasiaan, privacy, dapat dikatakan diera digital ini semua itu dapat  diakses nyaris tanpa adanya kerahasiaan karena sudah menjadi tututan di era digital, dan sangat memungkinkan adanya tindakan manipulasi, duplikasi informasi dan sebagainya. Hilda juga memberikan tips dalam menggunakan media massa untuk menghindari berita-berita atau informasi hoax yang kerap beredar.

Yogo Dwi Prasetyo, S.Pd., M.Pd., M.Sc., selaku pembawa materi yang ketiga dengan tema bahasan “keamanan digital”. Dalam pembahasanya, Yogo menjelaskan bahaya perangkat digital yang kita miliki terserang malware atau virus yang dapat membahayakan perangkat yang kita punya, dan hal terburuknya yaitu data atau file penting yang kita miliki dapat dicuri oleh si pembuat virus tersebut. Selain itu dia juga memberikan tips, bagaimana cara mengamankan perangkat digital yang kita miliki sekarang.

Webinar kali ini terlaksana atas sinergi Kemenkominfo, Apkasi dengan SahabatGuru untuk mewujudkan guru cakap bermedia digital. Selain itu, webinar inspiratif ini juga diharapkan menjadi sebuah langkah kemajuan untuk membangkitkan semangat para guru yang mengikuti acara webinar ini, dan juga dapat mengamalkan materi-materi yang telah disampaikan oleh narasumber. 

DAFFA NUR RAIHAAN