Pelatihan Matematika Smart, Bupati Toraja Utara: Saya Bersemangat

SahabatGuru - Para guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, mengikuti workshop Matematika Smart Indonesia yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN), mitra Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan menyambut gembira adanya pelatihan tersebut karena mampu meningkatkan kualitas pendidik. Pelatihan Matematika Smart yang diikuti 103 guru itu digelar di SMK Kristen Tagari mulai Selasa (16/3/2021) sampai Kamis (18/3/2021).

"Saya sangat bersemangat dengan program dari Apkasi. Dari pelatihan ini kita bisa menyelesaikan soal-soal Matematika secara cepat," kata Bupati Kalatiku saat membuka workshop.

Ini yang perlu disampaikan. Guru harus memperhatikan betul materinya. Ini bisa menjadi pijakan untuk masa depan

Bupati berharap guru yang mengikuti pelatihan sepenuhnya memperhatikan materi yang diberikan trainer Andi Suryawan dan Aji Syafa. Apalagi pelatihan itu memberi manfaat besar dan bahkan bisa menjadi pijakan masa depan guru.

"Ini yang perlu disampaikan. Guru harus memperhatikan betul materinya. Ini bisa menjadi pijakan untuk masa depan," ucap Kalatiku.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengingatkan kepada guru untuk tidak mengatakan soal yang sulit bagi anak didik. Menurutnya tidak ada soal yang sulit. Sebaliknya soal itu justru menjadi tantangan bagi para murid. Ini memotivasi anak untuk belajar agar bisa menjawab tantangan tersebut.

"Pesan saya, jangan katakan sulit kepada anak didik saat ada soal yang memang sulit. Tetapi katakan ini soal yang menantang," ujar dia lagi.

Guru di Toraja Utara sesungguhnya pernah mengikuti pelatihan secara online (daring) yang juga diselenggarakan YPAN pada 2020. Saat itu pelatihan disampaikan trainer Andi dan diikuti tidak kurang 55 guru. Pelatihan tersebut memang sangat membantu guru, terutama bila mengajarkan soal Matematika di sekolah.

Ini yang menjadikan guru di Toraja Utara berharap digelar pelatihan secara offline atau tatap muka. Harapan mereka pun terpenuhi melalui pelatihan tersebut.*