Pemkab Deli Serdang Menyambut Baik Program Unggulan Apkasi

Pemkab Deli Serdang Menyambut Baik Program Unggulan Apkasi
Penyerahan Simbolis Majalah SahabatGuru Staf Ahli Apkasi dengan Bupati Deli Sedang

SahabatGuru - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) beserta mitra Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) adakan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang bertempat di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati.

Audensi yang berlangsung hari Selasa (22/6/2021) dihadiri Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kesehatan, Dr. Himmatul Hasanah M.P. beserta tim, diterima langsung Wakil Bupati Deli Sedang H.M. Ali Yusuf Siregar, didampingi Asisten 1 Citra Efendi Capah, Kadis Kominfo Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari, Kadis Kesehatan dr. Ade Budi Krista, Kadis Perpustakaan dan Arsip Drs. H .Misran Sihaloho dan mewakili Kepala OPD terkait.

Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutan menyampaikan bahwa Deli Serdang sempat mengalami kenaikan angka Covid-19. Namun, pihaknya terus berupaya melakukan penekanan kasus Covid-19 dan hingga saat ini Deli Serdang masuk dalam kategori zona orange. Akan tetapi kini, pihaknya belum melaksanakan pembelajaran secara tatap muka dan masih melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan sistem daring.

"Harus kita sadari bahwa ini sangat kurang efektif, karena beberapa guru masih belum kreatif dan inovatif dalam pengaplikasian teknologi, bahkan masih ada guru yang belum paham mengenai sistem daring ini, sementara tenaga pendidik dituntut untuk menciptakan generasi emas yang betul-betul berkualitas, baik akhlak, mental maupun daya pikirnya," kata Wakil Bupati Deli Serdang.

Wabup menyampaikan bahwa Pemkab Deli Serdang sangat menyambut baik adanya program unggulan Apkasi dalam peningkatan mutu guru ini. Pihaknya juga berharap program ini dapat meningkatkan kualitas guru dan menambah kompetensi guru baik dalam bidang teknologi maupun pada bidang lainnya. Sehingga output siswa dapat belajar dengan baik dan memahami materi dengan lebih cepat serta tanggap.

“Besar harapan kami dari pertemuan ini, dapat memberi inspirasi, motivasi dan semangat bagi kami, terhadap percepatan pembangunan daerah khususnya menyangkut peningkatan mutu pendidikan dan penanganan Covid-19,” harap H. M Ali Yusuf Siregar di akhir sambutan.

Dalam pertemuan tersebut, Dr. Himmatul Hasanah selaku Staf Ahli Apkasi menyampaikan berbagai program terkait peningkatan mutu guru dan SDM daerah, tata kelola pendidikan dan literasi.

“Apkasi sebagai mitra strategis pemerintah memiliki beberapa program unggulan yang salah satunya berfokus pada pendidikan yaitu Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM, Program Peningkatan Imtak dan Training Tata Kelola Pendidikan di Luar Negeri dan Program Peningkatan Literasi Pendidikan. Program tersebut kami dedikasikan bagi guru-guru di tanah air,” kata Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kesehatan.

Staf Ahli Apkasi juga menyampaikan, pihaknya memiliki program pembelajaran Bahasa Inggris tercepat hanya dalam waktu 3 hari, dapat mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris.

“Program inovatif kami melalui belajar berbahasa Inggris cepat hanya tiga hari. Dimana biasanya orang harus belajar bertahun-tahun di sekolah untuk mampu berbahasa Inggris,” kata Himmatul Hasanah.

Apkasi terus berupaya bersinergi dengan daerah dalam upaya pemerataan pendidikan daerah.

AD