Sinergi Kominfo Wujudkan Guru Cakap Digital

Sinergi Kominfo Wujudkan Guru Cakap Digital
Poster Webinar Pendidikan Lubuk Linggau [sahabatguru]

SahabatGuru - Selasa (24/8) telah dilaksanakan Webinar Pendidikan untuk Guru-Guru Kota Lubuk Linggau. Tema yang diangkat yaitu “Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global”. Tema ini dipilih karena melihat urgensinya penguasaan media digital learning dalam menunjang pembelajaran daring menyenangkan. Ribuan guru-guru di Lubuk Linggau siap menerima ilmu-ilmu berharga demi menjadi pendidik yang cakap digital, numerasi, dan berkarakter.

Sebagai mitra guru, SahabatGuru menyediakan platform untuk memfasilitasi para guru agar lebih cakap dalam literasi digital. Melalui webinar pendidikan, SahabatGuru menghadirkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Gerard Plate, Ketua Umum Asosiasi Pemrintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E. yang diwakili Pengurus wilayah Sumatera Selatan H Iskandar, SE serta Walikota Lubuk Linggau Drs. H. SN Prana Putra Sohe, M.M. sebagai bukti nyata dukungan untuk menggelorakan literasi digital kepada para guru. Webinar juga menghadirkan praktisi penting di bidang pendidikan, Eko Yulianto, S.Pd.Si., M.Pd. (Dosen UMS dan Pemenang Sayembara MBKM) serta Dr. Ariyadi Wijaya, M.Sc. (Pakar Strategi Pembelajaran Matematika UNY dan Reviewer Framework AKM) yang memberikan materi-materi luar biasa mengenai pentingnya literasi digital untuk para guru.

“Pendidikan adalah sektor paling terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Secara global, UNICEF memprediksi sekitar 290 juta anak berpotensi putus sekolah akibat Covid-19. Dengan hal ini, adanya PJJ mendorong guru bekerja dua hingga tiga kali lebih keras untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan model pembelajaran digital yang inovatif, kreatif, dan efektif. Proses pembelajaran harus terus mengembangkan talenta peserta didik yang beragam dalam konteks Merdeka Belajar. Kominfo telah memfasilitasi literasi digital untuk para guru sebagai demi menuju masyarakat cakap digital model adaptasi pada perubahan besar dalam tatanan masyarakat. Kominfo terus menggelorakan gerakan program literasi digital nasional. Indonesai makin cakap digital yang dilaksanakan serentak melalui pelatihan digital di 514 kabupaten/kota di seluruh penjuru tanah air,” ungkap Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

Johnny G. Plate menyatakan pemerintah siap memfasilitasi para guru agar lebih siap dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi ini. Sebagai sektor yang paling terdampak pandemi, pendidikan memang harus mendapatkan perhatian lebih. Oleh karena itu, Kominfo RI telah bersinergi dengan Pemerintah Kota Lubuk Linggau, Apkasi, dan SahabatGuru untuk mewujudkan guru yang cakap media digital, numerasi, dan berkarakter. Dengan bekal tersebut, guru-guru akan terus memunculkan inovasi dan kreasi dalam menyiapkan pembelajaran menyenangkan bagi para siswa. Hingga pada akhirnya, tantangan pendidikan selama pandemi Covid-19 dapat teratasi.

“Pandemi Covid-19 membawa hikmah karena mau tidak mau kita harus belajar literasi digital, meskipun di luar sana tentu ada banyak tantangannya. Namun, pada kondisi mendesak saat ini, kita bisa melakukan percepatan di bidang pendidikan. Jika para sahabat guru selalu melakukan improvisasi-improvisasi, kelak pendidikan kita akan mencapai kesetaraan,” jelas Eko Yuliyanto, S.Pd.Si., M.Pd. saat memaparkan materinya.

Banyak sekali fasilitas digital yang bisa dimanfaatkan oleh para guru. Kini saatnya menjadikan pandemi Covid-19 sebagai waktu yang tepat untuk mempercepat kemajuan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, melalui webinar pendidikan hari ini, Eko Yuliyanto, S.Pd.Si., M.Pd. dan Dr. Ariyadi Wijaya, M.Sc. memberikan banyak bekal kepada para guru di Lubuk Linggau agar semakin siap melakukan percepatan pendidikan dengan cakap literasi, numerasi, dan berkarakter.

Melalui platform SahabatGuru, guru-guru di tanah air memiliki kesempatan luas untuk memperbarui dan meningkatkan kapasitasnya sebagai pendidik demi mewujudkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Ariyadi Wijaya, M.Sc., SahabatGuru memang menjadi angin segar untuk kemajuan pendidikan Indonesia saat ini.

SahabatGuru selalu melakukan dua hal, yaitu updating dan upgrading. Updating artinya upaya memperbarui apa yang dimiliki agar sesuai kemajuan zaman. Upgrading berarti upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi. Kedua upaya baik inilah yang selalu dilakukan oleh SahabatGuru. "Jadi, kita harus menyambut baik kehadiran SahabatGuru sebagai mitra guru di Indonesia," ungkap Ariyadi.

 ANIS SAFITRI